Pikiran Rakyat
USD Jual 14.328,00 Beli 14.028,00 | Berawan, 23.9 ° C

Sebelas Pelaku Curanmor Terciduk

Shofira Hanan
KAPOLRES  Cianjur AKBP Soliyah (tengah) saat ekspose kasus kejahatan pencurian, di Cianjur, Jumat 15 Maret 2019. Kepolisian Resor Cianjur berhasil meringkus sebelas pelaku pencurian kendaraan bermotor, tapi diduga masih banyak pelaku yang berkeliaran di luar sana.*/ SHOFIRA HANAN/ PIKIRAN RAKYAT
KAPOLRES Cianjur AKBP Soliyah (tengah) saat ekspose kasus kejahatan pencurian, di Cianjur, Jumat 15 Maret 2019. Kepolisian Resor Cianjur berhasil meringkus sebelas pelaku pencurian kendaraan bermotor, tapi diduga masih banyak pelaku yang berkeliaran di luar sana.*/ SHOFIRA HANAN/ PIKIRAN RAKYAT

CIANJUR, (PR).- Satreskrim Polres Cianjur berhasil mengamankan sebelas pelaku pencurian kendaraan bermotor. Belasan pelaku tersebut dirigkus dalam operasi yang digelar selama sepekan penuh.

“Dalam penangkapan, kami melakukan tindakan terukur kepada salah satu dari mereka. Dan, saat ini memang total ada sebelas orang yang tertangkap, tapi tidak menutup kemungkinan jika masih banyak pelaku yang berkeliaran di luar sana,” ujar Kapolres Cianjur, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Soliyah, Jumat  15 Maret 2019.

Lebih lanjut dikatakan, dalam aksinya pelaku membekali diri dengan kunci astak atau kunci letter T untuk membongkar  sepeda motor korban. Mereka seringkali beraksi di  halaman parkir, di rumah, dan pertokoan.

Saat beraksi, kesebelas pelaku yang semuanya pria itu kerap mengancam korbannya dengan senjata tajam.

Diduga, mereka mengancam menggunakan golok yang menjadi salah satu barang bukti yang diamankan petugas. “Selain golok itu, dari penangkapan ini kami amankan barang bukti yakni kunci astak, motor, dan beberapa barang pribadi tersangka,” ujar dia.

Soliyah menambahkan, selama operasi dalam sepekan, ada sejumlah barang bukti yang diamankan. Terdiri dari 14 kendaraan roda dua, satu unit mobil pick up, dan limama kunci astak/letter T.

Para pelaku pun dikenalan tiga pasal sekaligus, yaitu Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara, Pasal 365 dengan ancaman 9 tahun penjara, dan Pasal 489 tentang penadahan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Ia mengungkapkan, penangkapan sebelas pelaku kejahatan yang juga diperlihatkan ke publik dalam kesempatan ekspose tersebut, menjadi salah satu hasil kerja keras polisi. Soliyah ingin masyarakat mengetahui, jika kepolisian telah menangkap pelaku yang meresahkan masyarakat.***

Bagikan: