Pikiran Rakyat
USD Jual 14.328,00 Beli 14.028,00 | Berawan, 23.9 ° C

Melepas Lelah dan Menikmati Kuliner di Alun-alun Majalengka

Agus Ibnudin
SUASANA Alun-alun Majalengka mengundang daya tarik untuk dikunjungi, Kamis 14 Marer 2019 sore.*/AGUS IBNUDIN/PR
SUASANA Alun-alun Majalengka mengundang daya tarik untuk dikunjungi, Kamis 14 Marer 2019 sore.*/AGUS IBNUDIN/PR

JALAN-JALAN ke wilayah Kabupaten Majalengka belum lengkap jika belum menyempatkan berkunjung ke pusat kotanya, terutama  Alun-alun Majalengka. Area nan hijau ini selalu mengundang daya tarik tersendiri.

Di sini, selain sekadar untuk duduk-duduk melepas lelah, memandang taman yang indah, juga bisa mencicipi jajanan kuliner yang tersedia di sekitarnya.

Seperti terlihat pada Kamis 14 Maret 2019 sore, sejumlah warga tampak menikmati suasana di Alun-alun. “Mumpung lagi tidak turun hujan, saya menyempatkan jalan-jalan ke sini,” ujar Rafeli (22), warga Kadipaten.

Tidak sulit menemukan area ini yang berada persis di depan Pendopo. Beberapa bangunan juga berada di sekelilingnya, antara lain Masjid Agung yang terletak di sebelah barat, Gedung DPRD  dan Dinas Pendidikan di sebelah utara, dan Kantor Pos di sebelah timur.

Di salah satu sudut, tampak sejumlah anak kecil tengah asyik bermain ditemani orang tuanya. Dalam cuaca cerah, suasana ceria terpancar dari wajah mereka.

Setiap warga, termasuk juga para pendatang, bisa dengan mudah menikmati alun-alun. Apalagi, sarana transportasi umum banyak tersedia melintasi area publik tersebut, mulai dari angkutan kota (angkot), elf, bahkan bus antar kota. “Lokasi alun-alun ini berada di jalur lintasan utama kendaraan, Jl. KH Abdul Halim,” kata Usep (51), warga Majalengka Kulon.

Selain pada hari-hari biasa, Alun-alun Majalengka ini selalu ramai setiap akhir pekan, khususnya Sabtu malam. Beragam jajanan kuliner pun hadir di area ini.

“Setiap malam Minggu selalu ramai. Kalau dahulu, jajanan kuliner biasanya hanya terpusat di Pasar Mambo, sekarang mah juga di Alun-alun,” jelasnya.

Menurut rencana, dalam waktu dekat, kawasan Alun-alun Majalengka ini akan ditata kembali. Tentu saja, harapannya, kawasan ini akan menjadi lebih baik lagi, sekaligus menjadi kebanggaan.(Agus Ibnudin/"PR")***

Bagikan: