Pikiran Rakyat
USD Jual 14.328,00 Beli 14.028,00 | Umumnya berawan, 25.6 ° C

Deklarasi Pemilu Damai Sepi Peminat

Hilmi Abdul Halim
Lebih dari setengah tempat duduk berjumlah total 700 unit tidak terisi.*/HILMI ABDUL HALIM/PR
Lebih dari setengah tempat duduk berjumlah total 700 unit tidak terisi.*/HILMI ABDUL HALIM/PR

PURWAKARTA, (PR).- Seluruh unsur pemangku kebijakan di Kabupaten Purwakarta mengikuti Deklarasi Damai Pemilihan Umum 2019, Jumat, 15 Maret 2019. Namun, Aula Yudistira Sekretariat Daerah Purwakarta yang menjadi lokasi acara tersebut menyisakan banyak tempat duduk.

Dari pantauan PR, lebih dari setengah tempat duduk berjumlah total 700 unit tidak terisi oleh peserta. Salah satu tamu undangan yang tidak hadir berasal dari unsur anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Purwakarta.

"Positif thinking saja. Sepertinya banyak (anggota DPRD yang jadi) calon legislatif punya kepentingan lainnya seperti kampanye atau sudah janjian dengan para konstituennya," kata Ketua Dewan Pengurus Cabang PDIP Kabupaten Purwakarta, Acep Maman.

Menurut dia, kampanye lebih penting dibandingkan mengikuti acara yang lebih bersifat seremonial saja seperti deklarasi tersebut. Meskipun, kata Acep, hampir seluruh caleg dari partainya diakui menghadiri deklarasi kali ini.

Mengisi daftar hadir

Selain itu, para tamu undangan juga mengeluhkan jadwal acara yang seharusnya dimulai pukul 13.00 tapi mundur hingga pukul 15.00. Sehingga banyak di antara peserta deklarasi yang meninggalkan lokasi lebih dulu. "Yang penting keterwakilannya sudah terpenuhi," kata Acep.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Purwakarta Ahmad Ikhsan Faturrahman, membantah tingkat kehadiran caleg dalam deklarasi damai ini minim. Berdasarkan data, kehadiran para caleg menurut dia justru mencapai 80 persen.

"Kehadirannya sudah bagus, 80 persen dari 610 caleg hadir dalam acara ini," kata Ikhsan. Ia mengapresiasi kehadiran para tamu undangan acara tersebut mulai dari kepala daerah, kepolisian, tentara hingga para peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Purwakarta.***

Bagikan: