Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Berawan, 22.6 ° C

2.000 Personel Disiagakan untuk Pengamanan Pemilu 2019 di Kab. Sumedang

Adang Jukardi
PIMPINAN parpol peserta Pemilu 2019, tengah membacakan Deklarasi Bersama Pemilu Damai 2019 di Kab. Sumedang, Kamis, 14 Maret 2019.*/Adang Jukardi/PR
PIMPINAN parpol peserta Pemilu 2019, tengah membacakan Deklarasi Bersama Pemilu Damai 2019 di Kab. Sumedang, Kamis, 14 Maret 2019.*/Adang Jukardi/PR

SUMEDANG, (PR).- Polres Sumedang siap menerjunkan sekitar 1.200 personelnya untuk pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2019, 17 April mendatang. Ditambah bantuan personel dari Polda Jabar sebanyak 200 orang dan TNI  600 orang, total personel pengamanan Pilpres dan Pileg di Kab. Sumedang mencapai lebih dari 2.000 orang.

“Kami juga sudah mengatur penempatan polisi untuk pengamanan jalannya pencoblosan di TPS (tempat pemungutan suara). Teknis pengamanannya sudah diatur dengan pola pengamanan tertentu. Sebelumnya, kami pun sudah melakukan pengamanan setiap tahapan Pemilu dengan baik,” ujar Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo usai penyelenggaraan Silaturahmi Kamtibmas dan Deklarasi Bersama Dalam Rangka Pemilu Damai 2019 di Kabupaten Sumedang di aula Tampomas Kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Pemkab Sumedang, Kamis, 14 Maret 2019. 

Hartoyo bersyukur, di wilayah Kab. Sumedang tidak ada daerah tergolong rawan konflik yang akan menimbulkan gesekan antarpendukung parpol, capres-cawapres atau caleg. Hanya saja, dalam pelaksanaan rapat umum yang dimulai 24 Maret nanti, polres akan mengetatkan pengamanan supaya tidak terjadi gesekan atau bentrokan antarpendukung. 

Untuk mengantisipasi hal itu, polres sudah menggelar rapat koordinasi dengan KPU dan Bawaslu Kab. Sumedang. 

“Jangan sampai, saat pulang rapat umum, antarpendukung parpol atau caleg bertemu dan berpapasan di jalan hingga terjadi gesekan, itu yang akan kami antisipasi. Akan tetapi, KPU sudah mengatur jadwal rapat umum supaya tidak terjadi gesekan tersebut. Hal itu dengan mengatur tempat dan waktu untuk masing-masing parpol yang berbeda. Selama jalannya rapat umum, kami sudah menyiapkan anggota untuk pengamanannya,” kata Hartoyo. 

Dia mengatakan, polisi juga akan membantu pengamanan penurunan alat peraga kampanye, parpol dan caleg selama tiga hari di masa tenang. Polres akan menciptakan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg yang aman dan kondusif sampai tuntas.  

"Semua pihak juga harus bertanggung jawab menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif. Tak hanya KPU dan TNI/Polri saja, melainkan semua elemen masyarakat termasuk para caleg dan parpolnya,” tuturnya. 

Perekrutan personel

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kab. Sumedang Ogi Ahmad Fauzi menuturkan, upaya pengamanan setiap tahapan Pemilu sudah didukung penuh  TNI dan Polri, termasuk nanti pada hari pencoblosan di TPS. 

“Pengamanan di TPS juga akan dibantu petugas Linmas. Kami sudah mengajukan kepada pemda untuk merekrut Linmas guna membantu pengamanan di TPS. Satu TPS, nantinya dijaga 2 orang Linmas,” kata Ogi.

Untuk kesiapan Pemilu, kata dia, KPU Kab. Sumedang sudah menyelesaikan sortir lipat surat suara DPRD Provinsi Jabar dan DPD. Selanjutnya, akan dilakukan sortir lipat surat suara DPRD Kabupaten Sumedang. 

Kegiatan sortir lipat surat suara akan tuntas dalam 15 hari ke depan. “Selain itu, mulai 24 Maret nanti, akan dilaksanakan rapat umum selama 21 hari sampai 13 April nanti. Kami sudah membuat dan mengatur jadwal rapat umum untuk masing-masing parpol,” katanya.

Ketua Bawaslu Kab. Sumedang Dadang Priatna mengatakan, Bawaslu kini sedang memproses rekrutmen pengawas TPS. Bawaslu juga meminta parpol mengirimkan saksi untuk mengikuti pelatihan di setiap TPS.   

Sementara sebagai upaya pengawasan, Bawaslu akan fokus mengawasi jalannya rapat umum nanti.

“Saya mengimbau kepada parpol dan para calegnya untuk menjaga kondusivitas selama rapat umum. Potensi kecurangan yang perlu diawasi, terutama di hari tenang. Sebab, di hari tenang berpotensi dipakai parpol dan caleg untuk berkampanye. Salah satunya, serangan fajar. Kami juga nanti akan menurunkan para pengawas di setiap TPS,” ucap Dadang.***

Bagikan: