Pikiran Rakyat
USD Jual 14.635,00 Beli 14.335,00 | Umumnya berawan, 21.6 ° C

Yayasan Zamrud Biru Siap Tampung Caleg Depresi

Riesty Yusnilaningsih
ILUSTRASI Depresi/CANVA
ILUSTRASI Depresi/CANVA

BEKASI, (PR).- Yayasan Zamrud Biru menyatakan kesiapannya menampung calon anggota legislatif yang depresi karena gagal terpilih pada Pemilu 2019. Prosedur pengobatan pun sudah disiapkan untuk penyembuhan Caleg yang depresi.

"Usai pelaksanaan Pemilu 2014, ada delapan orang yang berobat di sini. Mereka datang dari Kota Bandung, Sumedang, Tegal, juga wilayah lain di Jawa Tengah," kata Wakil Ketua Yayasan Zamrud Biru Suharyono, Kamis 14 Maret 2019.

Suharyono mengatakan, para Caleg yang depresi biasanya datang ke pantinya sekitar dua bulan setelah gelaran Pemilu. Keluarga yang menemani biasanya meminta pihak panti agar merahasiakan identitas mereka karena stigma yang timbul bila berobat ke panti. Apalagi mereka berobat ke panti karena alasan kalah bersaing dalam Pemilu.

"Karena permintaan keluarga seperti itu, makanya kerahasian mereka kami jaga. Namun delapan orang yang berobat saat itu kini sudah sembuh dan kembali ke keluarganya," katanya.

Suharyono menambahkan, untuk biaya operasional pihaknya mengharapkan bantuan dari para donatur, keluarga pasien, serta pemerintah daerah. Namun untuk keluarga pasien, pihaknya tidak mematok tarif yang dibebankan. Bantuan berupa uang yang diperoleh, digunakan untuk membayar honor 20 tenaga pembantu di yayasan setempat.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Bekasi, Agus Harpa mengatakan tahun ini pemerintah daerah telah mengalokasikan dana sekitar Rp 750 juta untuk panti rehabilitasi. Dana itu dikucurkan dalam bentuk uang, tapi digunakan untuk membeli sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan, gula, kecap, garap dan sebagainya. "Mereka kan butuhnya makanan, jadi kami bantu dalam bentuk sembako," katanya.

Menurut Agus, bantuan kepada panti rehabilitasi sempat terhenti pada 2018 lalu karena alasan ketersediaan anggaran daerah. Namun dia memastikan pada 2019 ini, mereka kembali mendapat bantuan berupa sembako dari pemerintah daerah.***

Bagikan:

TERPOPULER