Pikiran Rakyat
USD Jual 14.328,00 Beli 14.028,00 | Umumnya berawan, 25.6 ° C

Warga Desa Cikalong Sudah Biasa Makan Batang Pohon Pisang

Tim Pikiran Rakyat
SALAH satu warga sedang menebang pohon pisang cole di hutan blok Sodong Panjang Desa Cikalong Sidamulih untuk dibuat masakan pada acara tradisi seni budaya desa setempat.*/MUSLI JERRY/KABAR PRIANGAN
SALAH satu warga sedang menebang pohon pisang cole di hutan blok Sodong Panjang Desa Cikalong Sidamulih untuk dibuat masakan pada acara tradisi seni budaya desa setempat.*/MUSLI JERRY/KABAR PRIANGAN


PANGANDARAN, (PR).- Pada umumnya setelah pisang berbuah dan jantung pisang diambil, pohon pisang dibiarkan saja atau dibuang oleh pemiliknya karena dianggap tak ada gunanya. Tetapi di daerah Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih, Pangandaran batang pohon pisang dimanfaatkan untuk makanan. Batang pohon pisang diolah kembali sehingga menjadi kuliner khas. 

Cuma, pohon pisang yang diolah itu, bukan pisang pada umumnya. Meliainkan jenis pisang cole yang tumbuh dari biji bukan tunas. Masyarakat Desa Cikalong sudah biasa mengonsumsi batang pohon pisang cole yang banyak tumbuh di hutan. Kebiasaan itu sudah turun temurun sejak zaman nenek moyangnya.

Salah satu warga Dusun Citembong Rt 04/03 Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih Ny. Kaesih (44), pada Rabu 13 Maret 2019, mengatakan, di Kabupaten Pangandaran kuliner pisang cole sangat terkenal. Sampai sekarang kuliner pisang cole jadi makanan tradisional yang digemari masyarakat. Bahan bakunya pun tidak sulit, karena masih banyak ditemukan batang pohon pisang cole di hutan.

"Pohon pisang cole ini tumbuhnya di hutan dan tumbuh dari biji buah pisang tersebut. Jadi pohon pisangnya memang agak unik. Bukan hanya buahnya saja yang bisa dimakan, tapi batangnya pun bisa dijadikan kuliner khas," ungkap Ny. Kaesih kepada wartawakan Kabar Priangan Muslih Jerry. 

Menurut Ny. Kaesih, masyarakat di luar Desa Cikalong memang belum banyak yang tahu kalau batang pohon pisang cole bisa dimakan. Memang belum jelas manfaat dari memakan batang pohon pisang cole. Belum ada penelitian, apakah baik untuk kesehatan. Tapi, untuk makanan sehari-hari, masyarakat Cikalong sudah biasa memakan batang pohon pisang cole.

"Bagian dalam batang pisang cole ini bila dimasak rata-rata buat hidangan tamu bila ada acara seni budaya. Banyak yang penasaran dengan kuliner berbahan baku batang pisang cole. Para tamu biasanya kaget kalau diberi tahu, bahan bakunya dari batang pohon pisang. Kalau bisa mengolahnya, batang pohon pisang cole itu rasanya enak," tuturnya.

Selanjutnya cara memasak batang pisang cole ini, langkah pertama memotong batang pohon tersebut pada bagian dalamnya. Lalu dikupas dan dibersihkan. Berikutnya direbus hingga air mendidih. Sebelum dimasak, keringkan dulu batang pohon pisang core yang sudah direbus.

"Cara memasaknya pun sangat sederhana. Bumbunya tidak macam-macam. Hanya mencampurkan santan kelapa saja," jelas Ny. Kaesih.

Beri hawa sejuk

Sementara itu tokoh Kasepuhan Desa Cikalong Aki Sangkeh (72) menceritakan sejarah batang pohon pisang cole dijadikan masakan khas sejak zaman nenek moyangnya. Sejak dahulu bila ada warga masyarakat yang bergotong-royong sudah dipastikan ada masakan sayur dari isi batang pisang cole ini. Masakan batang pisang cole biasanya dimakan secara ramai-ramni.

"Iya kalau ada tetangga membuat rumah, warga bergotong-royong membuat jalan dan lainnya rata-rata hidangannya sayur batang pisang cole. Selesai mengerjakan proyek secara bersama-sama, diakhir dengan mengonsumsi sayur batang pisang cole," ungkapnya. 

Menurut dia, ada kebiasaan lain di Desa Cikalong terkait dengan pohon pisang cole. Di antaranya, wajib menanam pisan cole sebelum musim tandur padi. Mitosnya tidak jelas, tapi keberadaan pohon tersebut bisa memberikan hawa dingin/sejuk. Kelebihan lain pohon pisang cole, bisa tumbuh di bebatuan jenis karst.   

"Pisang cole buahnya berbiji. Karena berbiji, banyak orang tidak suka pisang cole padahal rasanya manis. Sedikit saja orang yang membudidayakan pisang cole. Keberadaan pisang cole biasanya tumbuh liar dan di hutan,"tuturnya. 

Aki Sangkeh menambahkan bahwa tanaman pohon pisang cole di wilayah Kabupaten Pangandaran yang paling banyak berada tumbuh di Blok Muaratiga dan Hutan Sodong Panjang Desa Cikalong. 

"Selain batang pisang cole ada juga batang pisang siem yang dapat dimasak," tambahnya.***

Bagikan: