Pikiran Rakyat
USD Jual 14.328,00 Beli 14.028,00 | Umumnya berawan, 25.6 ° C

Rp1,2 Miliar untuk Mobil Dinas Bupati-Wakil Bupati Ciamis Baru

Nurhandoko
PASAR otomotif.*/ALI PARMA/PR
PASAR otomotif.*/ALI PARMA/PR

CIAMIS,(PR).- Bupati dan Wakil Bupati Ciamis yang baru terpilih akan menggunakan mobil dinas yang baru dengan total harga Rp1,2 miliar. Hal itu sudah dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis di APBD 2019.

Mobil dinas yang baru itu akan berjenis Toyota Fortuner VRZ. Sementara, Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya menggunakan mobil dinas Mitsubishi Pajero Sport yang masih dipakai oleh Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin.

 “Alokasi APBD 2019 untuk pembelian dua unit mobil dinas sebesar Rp 1,2 miliar. Anggaran tersebut untuk membeli mobil dinas Bupati dan Wakil Bupati Ciamis yang baru,” ungkap Kasubag Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Rian Andriana, Rabu, 13 Maret 2019.

Mobil dinas untuk Bupati dan Wakil Bupati yang baru memiliki merek yang sama. Hal yang membedakan adalah tipenya. Spesifikasi kendaraan dinas tersebut salah satunya berkekuatan 3.000 cc dengan harga satu unit kendaraan ditaksir sekitar Rp600 juta.  Pilihan jenis untuk mobil dinas baru yang diajukan tersebut mempertimbangkan kondisi medan tatar galuh Ciamis.  

“Sebenarnya tidak ada batasan soal harga, karena mengacu pada cc nya. Kami mengusulkan tiga mobil, akan tetapi satu mobil untuk patwal (patroli dan pengawalan) tidak disetujui. Salah satu pertimbangannya menyangkut efisiensi anggaran,” tutur Rian.

ILUSTRASI Dana Alokasi Khusus.*/net

Proses pengadaan belum tuntas

Lebih lanjut Rian menambahkan, proses pengadaan mobil dinas itu sendiri belum tuntas. Jika sampai pelantikan belum terealisasi, maka Bupati dan Wakil Bupati Ciamis terpilih mempergunakan mobil dinas sebelumnya.

Seperti diketahui masa jabatan Bupati Ciamis yang saat ini menjabat, Iing Syam Arifin, bakal berakhir pada tanggal 6 April 2019. Saat pilkada serentak yang lalu, pasangan petahana Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin – Oih Burhanudin, kalah dari pasangan Herdiat Sunarya – Yana D Putera.***

Bagikan: