Pikiran Rakyat
USD Jual 14.288,00 Beli 13.988,00 | Sebagian cerah, 20.3 ° C

Antisipasi Kemacetan Saat Mudik, Pintu Tol Karawang Timur Ditambah

Dodo Rihanto
ILUSTRASI jalan tol.*/ANTARA
ILUSTRASI jalan tol.*/ANTARA

KARAWANG, (PR).- Guna mengantisipasi lonjakan kendaraan menjelang musim mudik tahun ini,  PT Jasa Marga menambah tiga pintu gerbang tol (GT) di Karawang Timur, Kabupaten Karawang. Penambahan GT ditargetkan rampung sebelum Lebaran mendatang.

"Penambahan pintu gerbang tol Karawang Timur sedang  dimulai. Saat ini ada 6 GT yakni 3 GT untuk masuk dan 3 GT lainnya untuk keluar. Setelah ada penambahan jumlahnya menjadi 9 GT," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karawang, Acep Jamhuri, Rabu 13 Maret 2019.

Menurutnya, penambahan GT tersebut dipersiapkan juga untuk mendukung dioperasikanya TolJakarta-Cikampek Elevated, yang ujungnya berada di Km 41 Karawang Barat. Artinya, kendaraan yang menuju arah Karawang Timur bakal lebih padat.

"Saat ini saja volume kendaraan yang keluar-masuk melalui GT Karawang Timur sudah sangat padat, sehingga memang diperlukan penambahan pintu," katanya.

Dijelaskan juga, selain menambah pintu gerbang tol,  PT Jasa Marga juga bakal memperlebar akses menuju Gerbang Tol Karawang Timur. "Saat ini akses tol Karawang Timur terkesan sempit karena di sepanjang jalan itu banyak kegiatan usaha liar, seperti penjualan pasir dan tambal ban. Selain itu banyak juga kios-kios makanan," kata Acep.

Menurutnya, setelah jalan tersebut diperlebar, di kiri dan kanan jalan tidak boleh lagi ada aktivitas perdagangan. Jalan akses tol sepanjang lebih kurang 2,5 Km itu akan dipagar beton.***

Bagikan: