Pikiran Rakyat
USD Jual 14.084,00 Beli 14.182,00 | Cerah berawan, 29.5 ° C

Karawang Alokasikan Rp 7 Miliar untuk Bangun Taman

Yusuf Wijanarko
Karawang/DOK. PR
Karawang/DOK. PR

KARAWANG, (PR).- Pemerintah Karawang mengalokasikan anggaran sekira Rp 7 miliar untuk membangun puluhan taman di sejumlah titik.

Bupati  Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, hingga kini sudah ada beberapa taman yang dibangun di wilayah perkotaan Karawang. Tahun ini Pemkab akan membangun 56 taman di Karawang.

"Setiap hari saya melewati beberapa taman yang ada di Karawang, seperti saat melewati Taman I Love Karawang di Jalan Raya Ahmad Yani. Saya senang karena banyak komunitas berkumpul di taman itu," katanya, Senin 11 Maret 2019 seperti dilaporkan Antara.

Menurut Cellica Nurrachadiana, ada juga masyarakat yang sekadar melewati taman dan berhenti untuk berswafoto.

Menurut dia, keberadaan taman cukup penting karena selain meningkatkan keindahan kota, juga meningkatkan indeks kebahagian masyarakat.

Tahun ini, Bupati  Karawang Cellica Nurrachadiana menyebut bahwa pembangunan taman tidak hanya dilakukan di wilayah perkotaan tetapi juga akan disebar di beberapa kecamatan seperti di Cikampek dan Rengasdengklok. 

Guna merealisasikan pembangunan taman-taman di Karawang, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Karawang telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 7 miliar.

"Anggarannya sudah ada, tinggal kami realisasikan pembangunannya," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Karawang Ramon Wibawa Laksana.

Proyek nasional dorong investasi

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Karawang menyatakan, sejumlah proyek strategis nasional yang dibangun di Karawang akan mendorong masuknya investasi.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Karawang Eka Sanatha, Sabtu 9 Maret 2019 mengatakan, sejumlah proyek nasional yang melintasi Karawang di antaranya Transit Oriented Development (TOD) Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Tol Jatiasih-Sadang, serta tol Layang Jakarta-Cikampek.

PEMBANGUNAN Jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated Toll) di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Rabu 13 Februari 2019.*/ANTARA

Ia mengatakan, beroperasinya jalan tol layang tersebut akan membuka akses menuju Karawang Timur. Pemkab Karawang telah menyiapkan pola ruang perkotaan dan industri.

Selain jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, kata dia, dalam waktu dekat pemerintah juga akan membangun jalan Tol Jatiasih-Sadang yang melintasi Karawang sepanjang 24 kilometer.

"Nanti Karawang akan mempunyai dua jalan tol yakni di sisi utara dan sisi selatan. Adanya jalan tol itu akan semakin memudahkan akses menuju Karawang," kata Eka.

Dia mengungkapkan, akhir-akhir ini investasi di Karawang melambat. Hal itu menjadi salah satu penyebab tidak tercapainya target Pendapatan Asli Daerah. "Kondisi itu tidak terlepas dari indikator ekonomi makro nasional," kata dia.***

Bagikan: