Pikiran Rakyat
USD Jual 14.426,00 Beli 14.126,00 | Sedikit awan, 21.9 ° C

Gelar Bazar Bekasi Keren, Pemkot Bekasi Bagikan 400 Kupon Diskon

Riesty Yusnilaningsih
WARGA mengunjungi salah satu stan di Bazar Bekasi Keren Kota Bekasi. Pemkot Bekasi setidaknya membagikan 400 kupon diskon bagi warga untuk dapat berbelanja di bazar yang melibatkan UKM tersebut.*/RIESTY YUSNILANINGSIH/
WARGA mengunjungi salah satu stan di Bazar Bekasi Keren Kota Bekasi. Pemkot Bekasi setidaknya membagikan 400 kupon diskon bagi warga untuk dapat berbelanja di bazar yang melibatkan UKM tersebut.*/RIESTY YUSNILANINGSIH/

BEKASI, (PR).- Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Kota Bekasi menyambut baik upaya Dinas Koperasi dan UKM dalam membantu pemasaran produk mereka. Salah satunya melalui pelibatan pelaku UKM dalam sejumlah gelaran bazar yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bekasi.

Gelaran yang saat ini tengah berlangsung ialah Bazar Bekasi Keren yang digelar Dinas Koperasi & UKM, sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun ke-22 Kota Bekasi. Bazar bertempat di Kantor Kecamatan Bekasi Barat, Selasa 5 Maret 2019 dan Rabu 6 Maret 2019.

Dinas Koperasi & UKM mengerahkan 50 pelaku usaha binaannya untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Selain itu, ada juga sejumlah UKM lain yang merupakan binaan Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Pertanian dan Perikanan.

Produk yang dijajakan beragam, tak sekadar makanan dan minuman, tapi ada juga pakaian, alas kaki, produk hortikultura, juga aksesoris. Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Koperasi & UKM Sofyan Hadi mengatakan, pihaknya memang selalu melibatkan para pelaku usaha di setiap momen yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bekasi.

"Ini cara kami membantu pelaku UKM memasarkan produknya. Sebab pada bazar-bazar seperti ini, datang warga yang membeli dan akan menjadi pelanggan-pelanggan baru," kata Sofyan, Selasa.

Sofyan mengatakan, dalam setahun Pemkot Bekasi bisa menggelar acara serupa bazar hingga delapan kali. Terbanyak pada rangkaian HUT Kota Bekasi juga jelang Idul Fitri.

"Selama rangkaian HUT saja sampai tiga kali acara seperti ini. Selain yang di Kecamatan Bekasi Barat, selanjutnya pada 9-10 Maret 2019 di Galaxy, Kecamatan Bekasi Selatan serta pada 30-31 Maret 2019 di Harapan Indah," katanya.

Meskipun tidak memasang target angka penjualan, tapi Sofyan meyakini omset penjualan pedagang bisa meningkat tiap kali berpartisipasi di acara semisal bazar ini.

Namun selain untuk memfasilitasi para pelaku UKM, menurut Sofyan, bazar Bekasi Keren ini juga ditujukan untuk memfasilitasi kebutuhan sehari-hari warga. Oleh karenanya, dipilih Kantor Kecamatan Bekasi Barat sebagai lokasi acara karena posisinya dekat dengan sejumlah pemukiman.

Untuk warga sekitar, pihaknya telah membagikan 400 kupon diskon yang didistribusikan melalui jaringan PKK. Dengan memperlihatkan kupon, warga bisa mendapatkan potongan harga 10 persen saat berbelanja.

"Saat berbelanja tinggal ditunjukkan. Kupon tidak akan diambil karena bisa digunakan berkali-kali selama pelaksanaan bazar," ucapnya.

Direspons positif

Sementara itu, pemilik usaha kerajinan akrilik Rita Craft, mengakui momen-momen seperti ini memang sangat bermanfaat bagi pemasaran produknya. Tiap kali Pemkot Bekasi menggelar acara bazar, Rita selalu ikut ambil bagian.

"Saya kan tidak aktif memasarkan online, lebih sreg transaksi tatap muka langsung dengan pembeli. Makanya bazar seperti ini jadi salah satu cara pemasaran andalan," katanya.

Setiap kali ikut gelaran bazar, Rita mengaku selalu mendapatkan pembeli yang selanjutnya menjadi pelanggan produk-produknya. "Saya yakin makin sering ikut bazar, makin banyak juga kesempatan dapat pelanggan," ucapnya.***

Bagikan: