Pikiran Rakyat
USD Jual 14.185,00 Beli 13.885,00 | Umumnya berawan, 20.2 ° C

Puting Beliung di Kabupaten Sukabumi, Pepohonan Runtuh dan Ratusan Rumah Rusak

Ahmad Rayadie
WARGA membersihkan sisa akibat puting beliung di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Sabtu 23 Februari 2019/AHMAD RAYADIE/PR
WARGA membersihkan sisa akibat puting beliung di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Sabtu 23 Februari 2019/AHMAD RAYADIE/PR

PALABUHANRATU, (PR).- Jumlah rumah warga akibat empasan angin kencang di Kota dan Kabuoaten Sukabumi, Sabtu 23 Februari 2019 terus bertambah hingga mencapai 267 unit. Juga terinventarisir dua orang warga luka-luka. 

Dua korban warga Cijalingan, Kecamatan Cicantayan  itu, mengalami luka ringan pada kepala.  Mereka dievakuasi warga ke rumah sakit  akibat atap rumahnya ambruk menimpa.

Rumah ambruk saat hujan deras disertai angin kencang hingga menimpanya. Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, tapi ratusan warga mengalami kerusakan. 

Rumah rusak tidak hanya terjadi di empat desa di Kecamatan Cicantayan. Tapi bencana serupa terjadi kecamatan Cikembang, Gunung Guruh dan Kecamatan Cibadak. Warga dibantu personel TNI dan polisi telah berhasil menyingkirkan materiak bangunan runah dan pohon yang menimpa rumah warga.

"Hanya saja, jumlah rumah warga yang rusak paling banyak menimpa empat desa di Kecamatan Cicantayan. Bencana tersebut menyergap rumah warga di Desa Cimahi, Caringin, Cijalingan dan Desa Cicanyatan," kata Camat Cicantayan,  Sendi Apriadi.

Sendi Apriadi mengatakan rumah rusak warga mencampai 115 unit. Terdiri dari 32 unit rusak berat, 70 unit rusak sedang dan 103 rusak sedang. 

"Kami dibantu petugas BPBD, masih terus melakukan pendataan. Tidak menutupkemungkinan akan terus bertambah," katanya

Jumlah rumah rusak terus bertambah

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Daeng Sutisna, mengatakan telah dilakukan proses evakuasi yang dilakukan anggota BPBD. "Masih terdapat jumlah rumah warga yang rusak. Sehingga pendataan masih terus dilakukan," katanya.

Lurah Cipanengah, Yudi mengatakan sebanyak 50 unit rumah warga rusak berat dan ringan. Rumah warga rusak tidak hanya pada atapnya.

 " Tapi delapan unit rumah warga rusak berat akibat pohon  roboh dan menimpa rumahnya," kata Yudi.***

Bagikan: