Pikiran Rakyat
USD Jual 14.603,00 Beli 14.303,00 | Hujan singkat, 28.8 ° C

PDAM Tirta Darma Ayu Ajukan 8.000 Sambungan Baru

Gelar Gandarasa
ILUSTRASI krisis air bersih.*/ANTARA
ILUSTRASI krisis air bersih.*/ANTARA

INDRAMAYU, (PR).- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Darma Ayu mengajukan sedikitnya 8.000 sambungan baru. Sambungan itu akan dialokasikan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang membutuhkan air bersih.

Direktur Umum PDAM Tirta Darma Ayu Endang Effendi mengatakan, dirinya telah mengajukan proposal itu melalui pemerintah daerah. “Kami ajukan 8.000 sambungan baru,” kata Endang Effendi, Sabtu 16 Februari 2019.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah telah mengeluarkan bantuan sambungan. Setiap tahunnya Indramayu selalu menerima bantuan dari pemerintah pusat.

Bantuan sambungan juga ada yang berasal dari pemerintah Amerika dan Australia. Berdasarkan catatan PDAM Tirta Darma Ayu, sejak tahun 2013 hingga 2018 total sudah membuat 15.166 sambungan baru.

Jumlah itu, kata dia, di luar bantuan dari pemerintah daerah sebanyak 2.000 sambungan pada tahun kemarin. Ia mengatakan, melalui sambungan baru tersebut diharapkan akan lebih banyak masyarakat yang bisa menikmati air bersih dari PDAM.

Meski bantuan, instalasi pipa di rumah MBR tidaklah sepenuhnya gratis. Masyarakat tetap dikenakan biaya Rp 275.000 setiap pemasangan. Jika nilai pemasangan lebih dari yang ditetapkan, maka dipastikan masyarakat memasang lewat calo.

“Pasang saja langsung datang ke kantor,” katanya.

Dia menjelaskan, tidak semua MBR bisa terlayani. Sebab PDAM juga akan melihat kemampuan produksi di tiap unit pengolahan. “Kalau dipastikan kosong maka masyarakat bisa mengajukannya,” ujar dia.***

Bagikan: