Pikiran Rakyat
USD Jual 14.331,00 Beli 14.031,00 | Umumnya berawan, 23 ° C

Setelah Dikejar-kejar Bupati Herman, Jokowi Buktikan Sendiri Alun-alun Cianjur Berubah Drastis

Shofira Hanan
PRESIDEN Joko Widodo (tengah) berjalan didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman (kanan) saat meninjau Alun-alun kota Cianjur,  Jumat 8 Februari 2019. Dalam sambutannya, Kepala Negara memuji keindahan Alun-alun kota Cianjur dan berencana menjadikannya sebagai percontohan untuk kabupaten/kota yang lain se-Indonesia.*/ANTARA FOTO
PRESIDEN Joko Widodo (tengah) berjalan didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman (kanan) saat meninjau Alun-alun kota Cianjur, Jumat 8 Februari 2019. Dalam sambutannya, Kepala Negara memuji keindahan Alun-alun kota Cianjur dan berencana menjadikannya sebagai percontohan untuk kabupaten/kota yang lain se-Indonesia.*/ANTARA FOTO

MASYARAKAT berhamburan memadati alun-alun Cianjur yang baru saja diresmikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Setelah ditata sedemikian rupa sejak tahun lalu, akhirnya masyarakat Cianjur bisa menikmati pusat kota tersebut.

“Saya dikejar-kejar terus sama Bupati Cianjur, minta meresmikan alun-alun. Saya pikir, seperti apa sih alun-alunnya sampai harus diresmikan presiden,” ujar Jokowi, Jumat 8 Februari 2019.

Setelah mendapatkan gambaran alun-alun, ia mengaku jika konsep pusat kota Cianjur itu bagus. Namun, ia tidak merasa puas karena hanya melihat gambaran saja.

“Makanya, saya datang untuk membuktikkan sendiri alun-alun Cianjur itu seperti apa. Ternyata memang bagus sekali,” ujar dia disambut riuh pengunjung dan tamu undangan.

Sebelumnya, ia bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman berkeliling melihat alun-alun kebanggaan masyarakat Cianjur itu. Mereka menyambangi sejumlah area, meskipun tidak terjamah seluruhnya Jokowi mengaku konsep dan realisasi pembangunannya menarik.

Alun-alun Cianjur saat ini memang berbeda jauh dengan yang sebelumnya. Kondisi sekarang, lebih nyaman dan menarik untuk dikunjungi dibandingkan bangunan lama yang jauh lebih kumuh serta tidak tertata.

Perubahan di Alun-alun Cianjur

Kini, lapangan yang berada di depan Masjid Agung itu beralaskan rumput sintetis, dengan sebuah kolam di tengah lapangan yang dilengkapi oleh replika al Quran. Ada pula, ruang publik yang bisa dimanfaatkan di sekeliling alun-alun.

Di beberapa titik, pengunjung bisa duduk-duduk, berjalan-jalan, atau berfoto karena suasana alun-alun cukup instagramable. Dengan kata lain, alun-alun kini lebih tertata dan tidak terkesan kumuh sehingga nyaman dikunjungi masyarakat.

“Ide dan konsep pembangunan alun-alun Cianjur bisa menjadi inspirasi daerah lain. Setidaknya, sebanyak 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia bisa mengambil gagasan pembangunan lokasi tersebut,” ucapnya.

Menurut dia, pembangunan fasilitas umum itu harus bisa dioptimalkan sebagai ruang publik, ruang sosial, ruang budaya, dan ruang demokrasi. Masyarakat harus menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik.

PRESIDEN Joko Widodo berjalan didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  dan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman saat meninjau Alun-alun kota Cianjur,  Jumat 8 Februari 2019. /SHOFIRA HANAN/PR

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, realisasi alun-alun Cianjur yang jauh lebih megah itu merupakan hasil studi banding beberapa tahun lalu.

“Kami studi banding ke Solo, waktu presiden menjabat sebagai walikota di sana. Hasilnya, ya alun-alun yang seperti sekarang ini,” ujar Herman.

Ia mengaku, banyak mengikuti masukan Jokowi untuk membangun lokasi itu. Semula, alun-alun yang dipadati oleh pedagang, kumuh, gelap, dan juga merupakan bekas pasar, berhasil disulap menjadi megah.

Herman bersyukur, pada akhirnya bisa membangun fasilitas yang lebih baik. Sehingga masyarakat bisa memiliki lokasi wisata baru, untuk dikunjungi setiap saat.

Apalagi, masyarakat sudah menunggu cukup lama agar alun-alun dibuka. Tidak heran, jika akhirnya banyak pengunjung yang datang untuk menikmati wajah baru pusat kota tauco itu.***

Bagikan: