Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 28.6 ° C

Jenazah Wakil Ketua DPRD Kota Banjar Dibawa Keluarga

Hilmi Abdul Halim
BANGKAI mobil Wakil Ketua DPRD Kota Banjar, Anwar Hartono, ringsek akibat kecelakaan di Tol Cipularang, Rabu 23 Januari 2019 dini hari.*/HILMI ABDUL HALIM/PR
BANGKAI mobil Wakil Ketua DPRD Kota Banjar, Anwar Hartono, ringsek akibat kecelakaan di Tol Cipularang, Rabu 23 Januari 2019 dini hari.*/HILMI ABDUL HALIM/PR

PURWAKARTA, (PR).- Jenazah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjar Anwar Hartono dibawa ke daerah asalnya, Rabu 23 Januari 2019, pukul 11.50 WIB. Almarhum yang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Tol Cipularang sempat disemayamkan di Rumah Sakit Thamrin Kabupaten Purwakarta.

Keluarga almarhum tiba di ruang jenazah RS Thamrin sekitar pukul 10.00 WIB, langsung histeris melihat kondisi korban. Mereka tak menyangka almarhum meninggal dalam kecelakaan tersebut bersama ajudannya Dedi Wahyu saat menuju Jakarta.

"Saya sedang berada di Jakarta, biasanya bapak memberi kabar kalau mau berangkat," kata Tuti istri almarhum Wakil Ketua DPRD Kota Banjar. Ia pun terkejut saat mendapatkan kabar suaminya meninggal dalam kecelakaan yang terjadi pukul 4.30 WIB dini hari.

Keluarga tidak langsung membawa jenazah kedua korban karena tidak ada mobil jenazah yang tersedia saat itu. Kendaraan tersebut baru tersedia beberapa jam setelahnya. Jenazah Anwar dan ajudannya langsung dinaikkan dan dibawa ke Banjar dengan kawalan polisi.

Tuti mengaku terakhir kali berkomunikasi dengan suaminya pada pukul 21.00 WIB, sehari sebelum kecelakaan. Saat itu almarhum mengatakan akan menghadiri agenda dinas di Jakarta pada Rabu pagi. Sehingga, ia pun sengaja berangkat lebih pagi dari Kota Banjar.

Di mata keluarga besarnya, Tuti menilai almarhum cukup dikenal baik dan ramah. "Bapak baik sekali, sayang sama keluarga," katanya.

Begitu pula di kalangan anggota DPRD Kota Banjar sejak suaminya diangkat sebagai Wakil Ketua DPRD pertengahan 2018 lalu. Diberitakan sebelumnya, Anwar Hartono meninggal dalam kecelakaan lalu lintas di Tol Cipularang Kabupaten Purwakarta.

JENAZAH Wakil Ketua DPRD Kota Banjar, Anwar Hartono, diambil keluarga Rabu 23 Januari 2019.*/HILMI ABDUL HALIM/PR

Ia tewas di tempat setelah kendaraan bernomor Z 7 X yang membawanya menabrak truk. Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Purwakarta Ajun Komisaris Ricky Adipratama mengonfirmasi kejadian tersebut terjadi pada pukul 4.30. "Pengendara mobil (korban) diduga mengantuk, lalu menabrak bagian belakang truk sebelah kanan," kata Ricky Adipratama.

Selain menewaskan Wakil Ketua DPRD Kota Banjar, kecelakaan tersebut juga menewaskan ajudannya Dedi Wahyudi (45), dan melukai sopir Galuh Jaya Santana (22) hingga tak sadarkan diri. Ketiga penumpang kendaraan tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Thamrin Purwakarta untuk mendapatkan tindakan medis.

Ricky mengatakan lokasi kecelakaan berada di KM 94.800 wilayah Desa Pasirmunjul Kecamatan Sukatani. Kendaraan tersebut diketahui melaju dei arah Bandung menuju Jakarta. Pengemudi tidak dapat mengendalikan kendaraannya yang melaju dalam kecepatan tinggi di jalanan yang menurun dan menikung.

Akibatnya, kendaraan milik korban tak bisa menghindari truk besar bernopol Z 9102 HB dan menabraknya. "Padahal truk yang sedang dikendarai oleh Nanang (43) saat itu sedang melaju dalam kecepatan lambat di lajur satu tol Cipularang," kata Ricky memastikan kecelakaan disebabkan kelalaian sopir korban.

Kondisi mobil korban mengalami kerusakan parah pada bagian depan akibat benturan keras dengan bagian belakang truk. Petugas yang datang ke lokasi segera mengevakuasi kendaraan tersebut ke pos derek Jatiluhur Kabupaten Purwakarta.***

Bagikan: