Pikiran Rakyat
USD Jual 14.235,00 Beli 13.935,00 | Cerah berawan, 25.4 ° C

Tanah Labil, Pembangunan Objek Wisata Dusun Banjaran Dibatalkan

Nuryaman
Warga menikmati lokasi yang rencananya dijadikan objek wisata, di Dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan. Rencana tersebut dibatalkan, karena kondisi tanah yang labil.*/NURYAMAN/PR
Warga menikmati lokasi yang rencananya dijadikan objek wisata, di Dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan. Rencana tersebut dibatalkan, karena kondisi tanah yang labil.*/NURYAMAN/PR

KUNINGAN, (PR).- Rencana pembangunan objek wisata di Dusun Banjaran, Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan terpaksa dibatalkan. Tidak ada rencana untuk dilanjutkan kembali.

Kepala Dusun Banjaran Rusdiana menjelaskan, rencana itu terpaksa dibatalkan karena kondisi tanah yang labil. Baik tanah sepanjang akses jalan, maupun lokasi untuk objek wisata yang rentan longsor dan pergerakan tanah.

Pembatalan rencana tersebut dilakukan, setelah bagian-bagian akses jalan menuju Dusun Banjaran porak poranda dan lenyap tergusur pergerakan tanah, diterjang longsor, dan banjir bandang. Selain itu, satu area untuk objek wisata direncanakan di sekitar dusunnya dilanda longsor.

“Setelah kejadian itu, rencana itu (membangun objek wisata) kami lupakan dan mungkin tidak akan kami pikirkan lagi,” ujarnya ketika ditemui "PR", Minggu, 20 Januari 2019. 

Meskipun dibatalkan, namun warga tidak akan menghalangi wisatawan yang berkunjung ke lokasi. “Kalau ada yang mau berwisata menikmati suasana alam yang dirasa menarik di dusun kami, ya silakan saja. Tidak akan kami komersilkan,” katanya.       

Sebelumnya diketahui, Dusun Banjara terfasilitasi jalan beraspal pada 2017 lalu. Sejak itu, warga setempat bersemangat untuk memanfaatkan kekayaan alam di sekitar dusun sebagai objek wisata.

Hal ini juga dipicu dengan adanya penelitian arkeologi terhadap situs Batu Naga di puncak bukit Pojoktiga, yang ada di dusun tersebut.

Adapun terdapat sejumlah titik-titik potensi alam yang menarik dan sering didatangi para penikmat wisata alam di Dusun Banjaran. Di antaranya Bukit Batu Utatingkem, air terjun Curug Cipeuteuy dan Curug Cisangkan.***

Bagikan: