Pikiran Rakyat
USD Jual 14.373,00 Beli 14.073,00 | Sedikit awan, 22 ° C

4.212 Penyandang Disabilitas di Ciamis Bakal Salurkan Hak Pilih

Nurhandoko
DOK PR
DOK PR

CIAMIS,(PR).- Sebanyak 4.212 penyandang disabilitas bakal menyalurkan hak pilihnya di 265 dari 4.362 tempat pemungutan suara (TPS), yang tersebar di seluruh wilayah tatar galuh Ciamis. Demi memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas, pembangunan TPS juga diminta disesuaikan dengan kondisi calon pemilih.

“Kebutuhan untuk penyandang disabilitas, tidak hanya template bagi yang tuna netra, akan tetapi juga disesuaikan dengan penyandang disabilitas lainnya. Pada intinya mereka tidak mengalami kesulitan ketika menyalurkan hak pilihnya,” tutur ketua KPU kabupaten Ciamis Agus Fatah Hidayat, Selasa 8 Januari 2019.

Berdasar rekapitulasi daftar pemilih disablitas, lanjutnya, tercatat sebanyak 4.212 dari 920.858 pemilih yang tersebar di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis. Penyandang disabilitas yang didata, selain tuna netra dan tuna grahita, juga terdapat tuna rungu/tuna wicara, tuna daksa dan disablitas lainnya.

Sebagian besar pemilih disabilitas tersebut terdapat di Kecamatan Pamarican, sebanyak 528 orang tersebar di 14 desa (245 TPS), Kecamatan Cipaku 420 orang tersebar di 13 desa (238 TPS).  Sedangkan penyandang disabilitas paling sedikit terdapat di Kecamatan Cidolobg tercatat 30 orang tersebar di 6 desa (67 TPS).

“Berdasar rekapitulasi, seluruh kecamatan terdapat pemilih penyandang disabilitas. Kami berharap mereka mendapatkan perhatian sesuai dengan kondisinya. Misalnya  akses menujuTPS lebih mudah,” kata Agus Fatah.

Dia mengungkapkan, pada Pemilu serentak (Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD I dan DPRD II) ada penambahan jumlah TPS dibandingkan pilkada serentak 2018. Pada saat pilkada serentak terdapat 2.263 TPS, sedangkan Pemilu serentak 2019 terdapat 4.362 TPS.

Penambahan jumlah TPS, tambahnya, berkenaan dengan berkurangnya pemilih dalam satu TPS, dari sebelumnya 800 pemilih, menjadi maksimal 300 pemilih per TPS.

“Dengan adanya pengurangan jumlah pemilih per TPS, otomatis jumlahnya bertambah cukup signifikan. Pemilu 2019, terdapat 4.362 TPS termasuk TPS khusus yang ada di lembaga pemasyarakatan,” ungkap Agus Fatah.

Komisioner baru

Ketua KPU Ciamis Agus Fatah menggantikan Ketua KPU sebelumnya Kikim Tarkim yang sudah dua kali menjadi ketua KPU Ciamis. Empat komisioner baru lainnya yakni Oong Ramdhani , Said Attanjani, Muharam Kurnia Drajat dan Sarno  Maulana Rahayu.

“Empat baru. Ada komisioner yang sebelumnya anggota Panwaslu, ada pula yang PPK, mereka lolos seleksi menjadi komisioner KPU. Kami juga sudah melantik anggota PPK baru sesuai putusan Mahkamah Konstitusi yang sebelumnya PPK berjumlah 3 orang kembali menjadi 5 orang,” katanya.***

 

 

Bagikan: