Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sedikit awan, 20.3 ° C

Isu Pendakwah Arifin Ilham Meninggal Dunia Hoaks

Gita Pratiwi
Ustaz Arifin Ilham yang terbaring sakit diisukan meninggal dunia.*/Instagram
Ustaz Arifin Ilham yang terbaring sakit diisukan meninggal dunia.*/Instagram

CIBINONG, (PR).- Isu pendakwah KH Arifin Ilham meninggal dunia merebak, Selasa 8 Januari 2019. Baik melalui media sosial maupun layanan pesan pendek.

Polres Bogor mengonfirmasi isu tersebut langsung ke Pondok Pesantren Az Zikra, asuhan Arifin Ilham.

Kasubag Humas Polres Bogor Kabupaten, AKP Ita Puspita Lena, menegaskan Arifin Ilham tidak meninggal dunia seperti santer dikabarkan.

"Kami langsung mengkonfirmasi kabar tersebut kepada Kapolsek Babakan Madang tempat Masjid Az-Zikra berada, menanyakan apakah benar kabar tersebut, bagaimana kondisinya, dan keadaan sebenarnya," kata Ita kepada Antara.

Melalui konfirmasi tersebut lanjut Ita, Kapolsek Babakan Madang, Kompol Wawan Wahyudin mengiformasikan bahwa kabar tersebut adalah hoaks. Karena, kondisi kiai bersuara khas itu baik-baik saja dan masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Lantas saya meminta bukti-bukti tentang kondisi terakhir KH Arifin Ilham agar bisa disebarluaskan kepada masyarakat untuk menangkal berita bohong tersebut," kata Ita. Kapolsek Babakan Madang mengirimkan tanggapa resmi terkait kondisi KH Arifin Ilham yang disampaikan langsung oleh Ketua Yayasan Az Zikra yakni Ustaz Khotib Kholil.

Yayasan Az Zikra membantah kabar tersebut, dan menjelaskan bahwa saat ini KH Arifin Ilham masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dan kondisinya sudah membaik. Selain tanggapan resmi berupa pesan singkat, juga dikirim video berdurasi satu menit yang menampilkan pernyataan rekan-rekan KH Arifin Ilham beserta pengurus Yayasan Az Zikra.

"Untuk mencegah berita hoaks ini kami menyebarluaskan informasi resmi dari Yayasan Az Zikra ini," kata Ita. Ita berharap masyarakat tidak lagi menyebarkan berita-berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya. Dan dengan adanya pernyataan resmi dari Yayasan Az Zikra masyarakat bisa tercerahkan.

"Mari sama-sama kita mendoakan agar KH Arifin Ilham segera pulih dan bisa beraktivitas seperti sedia kala," kata Ita. Kabar KH Arifin Ilham meninggal dunia karena menderita kanker kelenjar getah bening menyebar luas di media sosial. Sementara itu, aktivitas di Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor sejak kabar sakitnya KH Arifin Ilham berlangsung normal. Jemaah masjid dan santri beraktivitas seperti hari-hari biasa.

Yusuf Mansur menangis

Sebagai sesama pendakwah, Yusuf Mansur pun menjenguk Arifin Ilham lalu mengabarkan melalui media sosial bahwa sahabatnya baik-baik saja. Melalui akun Instagram yusufmansurnew Selasa 8 Januari 2019, dia mengaku menangis.

Tangisannya, tulis Yusuf Mansur, karena Arifin Ilham tidak meninggal dunia. "Sediiihhh jika ada berita ulama wafat. Nyetak sekelas Ustadz Muhmmad Arifin Ilham, lama sekali perjalanan waktunya," katanya.

Kemudian, ia terharu mendapati Arifin berwajah ikhlas, terang, cerah. "Senyum. Saya pegang tangan beliau. Dan beliau pegang saya. Kenceng sekali. Kuat. Saya bacain doa, shalawat, sepotong ayat. Beliau tertidur. Sampe maaf, ngorok. Hebatnya, saya pamit, beliau bangun. Dan tambah kuat megang saya," tuturnya seraya memohon agar semua orang mendoakannya.***

Bagikan: