Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Berawan, 22.1 ° C

Bus Pariwisata Diusulkan untuk Transportasi Banjar-Pangandaran

Agus Kusnadi
BUS sekolah bantuan dari Dinas Perhubungan Jawa Barat sudah terparkir di area parkir kendaraan Kantor Setda Pangandaran di Parigi, 8 Januari 2019.*/AGUS KUSNADI/KP
BUS sekolah bantuan dari Dinas Perhubungan Jawa Barat sudah terparkir di area parkir kendaraan Kantor Setda Pangandaran di Parigi, 8 Januari 2019.*/AGUS KUSNADI/KP

PARIGI, (PR).- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan telah menyerahkan bantuan berupa satu unit bus sekolah untuk dioperasikan di Kabupaten Pangandaran. Saat ini bus masih terparkir di garasi kantor Sekreatriat Daerah. 

Penyerahan bus sekolah tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersamaan dengan penyerahan bus sekolah kepada beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat dua pekan lalu. 

Tidak hanya bus sekolah, Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun menurut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, akan memberikan bantuan berupa bus pariwisata ke Pangandaran. 

Jeje menuturkan, bantuan bus pariwisata tersebut bisa digunakan sebagai alat transportasi untuk mengangkut wisatawan dari stasiun Banjar ke Pangandaran.

"Kan sudah di kasih satu, kalau ada nanti saya mau minta lagi dua apa tiga bus pariwisata lagi ke Pak Gubernur," ujar Jeje saat ditemui di kantor nya di Parigi, Selasa, 8 Januari 2018.

Selain itu, pekan ini dirinya akan menyampaikan soal rencana reaktivasi jalur kereta api Banjar-Pangandaran ke Gubernur Jawa Barat serta Direktur PT Kereta Api Indonesia di Bandung.

"Rabu besok (hari ini, Red) saya akan menemui Direktur PT KAI dan pak Gubernur sekaligus menyampaikan maksud pemanfaatan bantuan bus pariwisata tadi. Kan bus nya bisa kita tongkrongin di stasiun Banjar, sambil pihak swasta masuk," ujarnya. 

Selain itu, Jeje menuturkan, strategi lainnya bisa juga bekerjasama dengan pihak PT KAI. Yakni bundling tiket kereta dari Bandung atau Jakarta langsung ke Pangandaran, sudah termasuk tiket bus Banjar-Pangandaran.

"Jadi harga tiketnya di satu paketkan sampai ke Pangandaran, nanti kita akan koordinasikan dengan pihak PT KAI. Jadi kita harus proaktif jangan menunggu," ucapnya.

Transportasi pelajar 

Sementara itu terkait bantuan kendaraan bus sekolah rencananya akan digunakan sebagai alat transportasi pelajar yang berada di daerah terpencil.

"Bus sekolah belum kami operasikan, kemungkinan akan digunakan sebagai alat transportasi sekolah di daerah-daerah pelosok," katanya.***

Bagikan: