Pikiran Rakyat
USD Jual 14.393,00 Beli 14.093,00 | Cerah, 17.3 ° C

Gempa Bumi Guncang Selatan Tasikmalaya

Bambang Arifianto
Ilustrasi.*/DOK PR
Ilustrasi.*/DOK PR

SINGAPARNA, (PR).- Gempa bumi melanda wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Senin 7 Januari 2019 sekira pukul 22.04 WIB dengan kekuatan 4.8 skala Richter. Getaran terasa hingga ke wilayah Kota Tasikmalaya.

Dalam laporan BMKG disebutkan, gempa bumi tektonik tersebut terjadi pada koordinat episenter 8.15 LS dan 107.88 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 kilometer barat daya Kabupaten Tasikmalaya pada kedalaman 21 kilometer.

Dari hasil analisis peta tingkat guncangan BMKG dan laporan masyarakat, gempa juga dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, dan Ciamis. Gempa terasa di Kota Tasikmalaya. Dari pantauan di Tasikmalaya, Senin malam, tepatnya di kawasan Jalan Kyai Haji Zainal Mustofa, warga terlihat tenang.

Camat Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya Darya mengatakan, getaran terasan di Cikalong yang merupakan bagian dari pesisir selatan Kabupaten Tasikmalaya.

"(Getaran) lumaya tetapi tak terlalu besar," ujarnya.

Untuk sementara, dia memastikan belum ada kejadian yang membahayakan keselamatan warga selepas gempa.

"Warga teu aya nanaon (warga tidak mengalami apa-apa)," tutur Darya.

Menurut dia, sistem peringatan dini tsunami juga belum memberikan sinyal peringatan. Peringatan juga bakal disampaikan Satuan Polisi Air di Cikalong bila gelombang laut tinggi. Darya mengaku saat ini masih dilakukan pengecekan di lapangan.***

Bagikan: