Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Berawan, 22.4 ° C

Lima Jenazah Korban Tsunami Pandegang yang Belum Teridentifikasi Akhirnya Dimakamkan

Siska Nirmala
WARGA mengusung keranda jenazah saat acara Pemakaman Korban Tsunami tak teridentifikasi (tak dikenal) di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Ninik-Aki di Cigadung, Pandeglang, Banten, Jumat, 4 Januari 2019. Dengan sejumlah pertimbangan Tim DVI Polda Banten bersama Tim RSUD Berkah Pandeglang memutuskan untuk memakamkan lima jenazah korban tsunami tak dikenal terdiri dari 2 laki-laki dewasa, 2 perempuan dewasa, dan 1 anak perempuan.*/ANTARA
WARGA mengusung keranda jenazah saat acara Pemakaman Korban Tsunami tak teridentifikasi (tak dikenal) di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Ninik-Aki di Cigadung, Pandeglang, Banten, Jumat, 4 Januari 2019. Dengan sejumlah pertimbangan Tim DVI Polda Banten bersama Tim RSUD Berkah Pandeglang memutuskan untuk memakamkan lima jenazah korban tsunami tak dikenal terdiri dari 2 laki-laki dewasa, 2 perempuan dewasa, dan 1 anak perempuan.*/ANTARA

PANDEGLANG, (PR).- Polda Banten bersama perwakilan Pemkab Pandeglang akhirnya melakukan pemakaman terhadap 5 jenazah yang korban Tsunami Selat Sunda wilayah Banten yang belum teridentifikasi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nini Aki Berkah Pandeglang, di Pandeglang, Jumat, 4 Januari 2018.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir Msi melalui Kabid Dokkes AKBP Dr Nariyana mengatakan, pemakaman massal lima jenazah tersebut karena tidak adanya informasi dari pihak keluarga setelah waktu yang ditentukan.

Pemakaman korban Tsunami yang sebelumnya berada di RS Berkah Pandeglang tersebut dipimpin langsung oleh KH. Abuya Muhtadi Dimyati yang merupakan tokoh agama Kabupaten Pandeglang. Serta di hadiri AKBP Dr. Nariyana, M.Kes selaku Kabid Dokkes Polda Banten, Dr. H. Firmansyah M.Kes selaku Direktur RSUD Pandeglang, Osa Santosa selaku Kabid Dinsos Kabupaten Pandeglang. Kemudian hadir juga AKP Sutoyo merupakan Kasat Intelkam Polres Pandeglang, AKP Ashari Kapolsek Cadasari Polres Pandeglang, Cep Dedi S.Sos, Lurah Cigadung, DVI Polda Banten dan masyarakat Keluarga Cigadung Kecamatan Karangtanjung Kabupaten Pandeglang.

Menurut Nariyana, adapun nomor register dan siri-ciri lima Jenazah yang dikubur sasal di Pandeglang akibat Bencana Tsunami tersebut sebagai berikut :
 

1. DVI / SMR / 0111
Jenis kelamin laki-laki, perkiraan usian 20-30 tahun dengan ciri khusus pada pipi kiri 5,5 cm dari GPD. 3 cm di bawah sudut mata terdapat tahi lalat berbentuk bulat warna hitam 0,1x0,1 cm. Di atas bibir sisi kanan, 2,5 cm dari GPD, 1 cm di atas sudut bibir terdapat tahi lalat 0,1x0,1 cm.

Pada pangkal lengan atas kanan sisi depan terdapat tahi lalat hitam 0,4x0,3 cm. Pada dada sisi kanan terdapat tahi lalat warna hitam ukuran 0,1 x 0,1 cm. 

Rambut lurus hitam panjang 1,5 cm, pada tepi bawah lulut kanan terdapat jaringan parut ukuran 2 cm x 1 cm, tinggi badan 157 cm, panjang telapak kaki 22cm, celana dalam bahan kaos warna biru ukuran S terdapat tulisan Hicoop, memakai gelang manik-manik bulat bahan kayu warna coklat dengan tali benang.

WARGA bersama Tim DVI (Disaster Victim Investigation) Polda Banten yang mengangkat keranda jenazah saat acara Pemakaman Korban Tsunami tak teridentifikasi (tak dikenal) di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Ninik-Aki di Cigadung, Pandeglang, Banten, Jumat, 4 Januari 2019. Dengan sejumlah pertimbangan Tim DVI Polda Banten bersama Tim RSUD Berkah Pandeglang memutuskan untuk memakamkan lima jenazah korban tsunami tak dikenal terdiri dari 2 laki-laki dewasa, 2 perempuan dewasa, dan 1 anak perempuan.*/ANTARA
 

2. DVI / CRT / 0108
Perempuan perkiraan usia 4-5,5 Tahun dengan ciri khusus ada tahi lalat berwarna hitam di dahi, pelipis kanan, di bawah kelopak mata kiri dan bokong kanan. Memakai anting bentuk bulat tanpa mata warna kuning emas terpasang pada dua cuting telinga, pakaian gaun bahan kaos warna biru jenis long dres, celana dalam bahan kaos.
 

3. DVI / SMR / 0092
Seorang perempuan dewasa berusia antara 30-45 tahun panjang badan 150 cm dengan ciri khusus. Kuku jari kedua tangan tampak panjang dengan ujung kuku terpotong rata, rambut hitam beruban lurus panjang 11 cm.

Pada kedua lutut ada jaringan parut berwarna lebih terang dari sekitarnya, tidak menonjol berukuran 3x1,5 cm dan 1x0,5 cm. Pada bokong kiri ditemukan jaringan parut lebih terang dari sekitarnya membentuk garis vertikal seluas 5 x 5 cm.
 

4. DVI / LABUAN / 0105
Perempuan berusia sekitar 27-40 tahun, panjang badan 155 cm. Dengan ciri khusus rambut hitam panjang 17 cm, celana dalam bahan katun hitam polos, bekas tindikan di kedua cuping telinga.
 

5. DVI / PTI cemara / 0117
Laki-laki dewasa, umur sekitar 40-50 tahun memakai singlet warna putih bahan kaos merk VIP SPORTY uk 36, pada batang kemaluan bagian bawah terdapat benjolan berbentuk oval berwarna putih transparan disertai butir warna warni merah biru ukuran 1,5 x 1 cm x 0,3 cm.***

Bagikan: