Pikiran Rakyat
USD Jual 14.185,00 Beli 13.885,00 | Umumnya berawan, 21.6 ° C

Malam Tahun Baru 2019 Taman Rafflesia Ciamis Ditutup

Nurhandoko
ALUN-alun Taman Rafflesia Ciamis bakal tetap ditutup hingga menjelang tahun baru 2019. /NURHANDOKO WIYOSO/PR
ALUN-alun Taman Rafflesia Ciamis bakal tetap ditutup hingga menjelang tahun baru 2019. /NURHANDOKO WIYOSO/PR

CIAMIS, (PR).- Suasana kegembiraan menjelang malam pergantian tahun baru 2019 di pusat kota tatar galuh Ciamis tampaknya bakal lebih hambar dibanding sebelumnya. Hal itu berkenaan dengan masih ditutupnya Taman Rafllesia yang selama ini menjadi pusat berkumpulnya masyarakat menjelang akhir tahun.

Selama ini setiap menjelang malam pergantian tahun tempat tersebut mampu menjadi magnet berkumpulnya massa, baik warga lokal Ciamis termasuk Tasikmalaya dan Kota Banjar. Berbagai kegiatan seperti kesenian mualia dari parade band, seni tradisi dan lainnya menjadi tontonan warga yang tengah menanti pergantian tahun.

Penutupan taman Rafflesia yang menjadi salah satu ikon Ciamis, berada satu kompleks dengan Alun-alun Ciamis, berkenaan dengan tuntasnya reviltalisasi. Sebenarnya di tempat tersebut sudah tidak ada lagi pengerjaan pembangunan fisik. Akan tetapi penutupan itu lebih disebabkan mengantisipasi kerusakan bangunan dan tanaman yang masih baru.

ALUN-alun Taman Rafflesia Ciamis bakal tetap ditutup hingga menjelang tahun baru 2019. /NURHANDOKO WIYOSO/PR

Selain Alun-alun Taman Rafflesia, ada beberapa lokasi lain lain yang menjadi pusat keramaian saat menjelang malam pergantian tahun. Di antaranya lapangan Lokasana, komplkes sirkuit BMX serta beberapa alun-alun di kecamatan. Akan tetapi Taman Rafflesia yang terletak di pusat kota tatar galuh menjadi primadona berkumpulnya massa.

Penutupan tersebut tidak pelak membuat kecewa warga, sebab sebelumnya Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan permukiman dan Lingkungan Hidup ( DPRKPLH) Kabupaten Ciamis man Rohman menyatakan Taman Rafflesia sudah dibuka menjelang tahun baru. Akan tetapi hingga saat ini tidak ada tanda-tanda seng yang menutup lokasi tersbeut bakal dibuka.

“Pasti kecewa, selama ini tempat tersebet kan selalu menjadi pusat keramaian warga menyongsong tahun baru. Sebelumnya dinyatakan paska revitalisasi, Rafflesia  dibuka untuk tahun baru, tetapi kenyataannya seperti ini,” ungkap ketua Forum pemuda galuh Eka Muntaha, Selasa 25 Desember 2018.

Masih masa pemeliharaan yang menyebabkan masih ditutupnya Taman Rafflesia,  lanjutnya, merupakan alasan yang klise. Sebab proses pembangunan berikut pemeliharaan, tentunya sudah diperhitungkan secara matang.

ALUN-alun Taman Rafflesia Ciamis bakal tetap ditutup hingga menjelang tahun baru 2019. /NURHANDOKO WIYOSO/PR

“Pengerjaan revitalisasi tentunya sudah memertimbangkan berbagai hal, termasuk waktu pemeliharaan, sehingga akhir tahun dapat dibuka, seperti pernyataan sebelumnya. Yang pasti banyak warga yang kecewa karena tidak dapat menyongsong tahun baru di Taman Rafflesia,” ujar Eka.

Terpisah Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup ( DPRKPLH) Kabupaten Ciamis Oman Rohman menyatakan penutupan Taman Rafflesia  dengan alasan karena saat ini masih dalam tahap pemeliharaan. Dia mengatakan akhir masa kontrak reviltasilsasi tahap pertama berakhir 23 Desember 2018.

“Kami khawatir tanaman dan bangunan rusak terinjak-injak, karena masih dalam masa pemeliharaan. Kami juga berharap masyarakat bersabar, karena tidak bisa malam tahun baru di Alun-alun Taman Rafflesia, “ ujar Oman Rohman.

Selain masih masa pemeliharaan, Oman juga mengatakan perlu waktu untuk kembali melakukan penataan pedagang yang selama ini berjualan di kompleks Alun-alun Taman Rafflesia. Hal itu berkenaan dengan kesepakatan menyangkut tatatertib lingkungan.

“Kami tengah membahas tatatertib pedagang di Taman Rafflesia dan alaun-alun. Dengan revitaslisasi ini, tentunya diharapkan ke depan tidak hanya lebih indah dan menarik, tetapi juga nyaman,” tuturnya.***

Bagikan: