Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 24.7 ° C

Libur Natal Kali Ini, Pantai Selatan Sukabumi Sepi Pengunjung

Ahmad Rayadie
PANTAI Karang Hawu di Kecamatan Cisolok, Selasa 25 Desember 2018 sepi pengjung.*
PANTAI Karang Hawu di Kecamatan Cisolok, Selasa 25 Desember 2018 sepi pengjung.*

PALABUHANRATU, (PR).- Jumlah kunjungan wisatawan ke pesisir pantai selatan Palabuhanratu diprediksi turun. Padahal di tahun-tahun sebelumnya, memasuki  libur natal dan pergantian tahun, pantai selatan Suakbumi selalu disesaki wisatawan. Baik local maupun internasional.

Dari pantauan Pikiran Rakyat, sejak pagi pantai Palabuhanratu dan sekitarnya sepi pengunjung. Pedagang minuman dan makanan yang berjejer di sepanjang pantai Citepus Palabuhanratu hingga pantai Karang Hawu, Kecamatan Cisolok sepi pembeli.

"Sudah tidak tiga hari  terakhir ini, sepi kunjungan wisatawan. Padahal di tahun sebelumnya,  memasuki liburan natal dan tahun baru, warung-warung pedagang makanan dan minuman tidak pernah sepi pengunjung. Mungkin dampak dari bencana tsunami di Banten," kata petugas Kecamatan Cisolok, Irawan.

PANTAI Karang Hawu di Kecamatan Cisolok, Selasa 25 Desember 2018 sepi pengjung.*

Berkurang kunjungan wisatawan, kata Irawan, terlihat dari  sejumlah kendaraan yang diparkir tidak jauh dari sejumlah lokasi wisata. Padahal liburan panjang sebelumnya, ratusan kendaraan terparkir setiap hari.

"Tapi sekarang ini, hanya puluhan kendaraan saja yang terparkir. Dan itu pun hanya terpakir hingga beberapa jam saja," katanya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami membenarkan dampak bencana di Banten telah mempengaruhi kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata pantai selatan Palabuhanratu.

"Memang cukup berdampak. Bahkan sejulah komunitas wisawatan  yang sebelumnya akan mendatangi objek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu, dikabarkan lebih memilih membatalkan kunjungan," katanya.***

Bagikan: