Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Umumnya berawan, 17.7 ° C

Festival Mancing Situ Rawa Binong, Peserta Berebut 1 Ton Ikan

Tommi Andryandy
PESERTA menunjukkan ikan hasil memancing pada lomba memancing yang digelar Pemerintah Kabupaten Bekasi di Situ Rawa Binong Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, Sabtu, 15 Desember 2018. Lomba ini digelar sebagai ajang silaturahmi sekaligus mempromosikan Situ Rawa Binong.*/TOMMI ANDRYANDY/PR
PESERTA menunjukkan ikan hasil memancing pada lomba memancing yang digelar Pemerintah Kabupaten Bekasi di Situ Rawa Binong Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, Sabtu, 15 Desember 2018. Lomba ini digelar sebagai ajang silaturahmi sekaligus mempromosikan Situ Rawa Binong.*/TOMMI ANDRYANDY/PR

CIKARANG, (PR).- Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar lomba memancing di Situ Rawa Binong, Desa Hegar Mukti Kecamatan Cikarang Pusat, Sabtu, 15 Desember 2018 pagi. Sebanyak satu ton ikan disebar panitia untuk untuk diperebutkan para peserta.

Ini menjadi kali pertama loba memancing yang digelar secara resmi oleh pemerintah. Tidak sekadar kompetisi, lomba ini digelar sebagai sarana silaturahmi warga yang hobi memancing. Lebih jauh, lomba ini diselenggarakan untuk mempromosikan Situ Rawa Binong, sebagai salah satu alternatif destinasi wisata di Kabupaten Bekasi.

"Situ Binong ini kan lokasinya strategis, dekat dengan pusat pemerintahan, jalan tol dan berada di tengah-tengah kawasan industri sehingga selain bisa digunakan sebagai lokasi memancing cocok juga jadi alternatif bagi masyarakat untuk bersantai, istirahat dan lain sebagainya," kata Kepala Dinas Pariwisata Sutia.

Sutia berpesan agar masyarakat ikut merawat Situ Rawa Binong dengan baik dan bersama-sama menjaga kelestariannya. "Hal ini penting sebagai upaya bersama-sama mewujudkan kepedulian pengembangan Situ Binong sebagai destinasi wisata," ungkap dia. 

Lomba ini digelar mulai pukul 9 pagi. Namun satu jam sebelum digelar, para peserta telah hadir, duduk berjejer di bibir situ. Lengkap dengan peralatan memancing sebagai jenis, beserta umpan saling racikan para peserta masing-masing. 

Sebelum mancing dimulai,  panitia menebar satu ton ikan mas ke dalam situ. Usai aba-aba lomba memancing dimulai, para peserta dengan sigap melontarkan senar pancingnya ke tengah Situ Rawa Binong. 

LOMBA memancing yang digelar Pemerintah Kabupaten Bekasi di Situ Rawa Binong Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, Sabtu, 15 Desember 2018. Lomba ini digelar sebagai ajang silaturahmi sekaligus mempromosikan Situ Rawa Binong.*/TOMMI ANDRYANDY/PR

Lomba memancing ini terlihat begitu diminati. Terbukti banyak pihak yang datang dari luar Kabupaten Bekasi. Dimas (32) sengaja hadir untuk mengikuti lomba meski dirinya mengaku belum ahli memancing. "Saya penasaran saja ikut, seru-seruan di sini sama yang lain. Lagian gratis ini," kata warga Lebak Banten ini.

Peserta lainnya, Radit (39) mengaku bersemangat mengikuti lomba demi mengukur kemampuan diri sendiri. "Saya memang hobi mancing, kalau libur pasti mancing makanya ikut ke sini. Tapi sayang belum menang soalnya tadi telat datangnya," ucap warga Lembang, Bandung Barat ini.

Setelah melewati batas yang telah ditetapkan oleh panitia, lomba memancing dimenangkan oleh Boling (30) warga Kecamatan Cikarang Pusat yang berhasil mengumpulkan ikan seberat 2,17 kilogram. Sementara juara kedua diraih Iwan (27) dari Kecamatan Cikarang Pusat dengan hasil pancingan 2,10 Kg dan juara ketiga diraih Ajay (40) dari Kecamatan Cibitung dengan hasil pancingan 1,70 Kg.

"Saya berharap tiap tahun diadain kan seru buat warga juga. Ikannya nanti harus lebih banyak, terus macam-macam jenisnya, bukan cuma ikan mas," kata Boling, pemenang lomba.***

Bagikan: