Pikiran Rakyat
USD Jual 14.243,00 Beli 13.943,00 | Hujan petir singkat, 22.6 ° C

Sekda Iwa Harap Guru Sekarang Mulai Melek Teknologi

Ari Nursanti
SEKRETARIS Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa  hadiri “Pengundian Hadiah Bjb Cinta Guru” Di Hotel El Royale Panghegar Jl. Merdeka, Bandung, Jumat 14 Desember 2018.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR
SEKRETARIS Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa hadiri “Pengundian Hadiah Bjb Cinta Guru” Di Hotel El Royale Panghegar Jl. Merdeka, Bandung, Jumat 14 Desember 2018.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

BANDUNG, (PR).- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan pendidikan merupakan sebuah investasi masa depan, baik untuk individu, masyarakat, maupun negara sebagai kunci sukses pertumbuhan pembangunan. Maka peran guru sangat penting dalam menciptakan sumber daya yang berkualitas.

Untuk itu Iwa mengapresiasi Bank bjb dalam memberikan penghargaan atas dedikasi, komitmen dan ikhtiar yang dilakukan oleh para guru di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Melalui acara “Pengundian Hadiah Bjb Cinta Guru” Di Hotel El Royale Panghegar Jl. Merdeka, Bandung, Jumat 14 Desember 2018.

Iwa menuturkan tantangan para guru ke depan semakin berat dengan munculnya revolusi industri 4.0. Era dimana perubahan industri manufaktur yang terintegrasi dengan sistem online. Maka diperlukan guru yang professional, mampu mengikuti perkembangan jaman khususnya digitalisasi industri dan e-commerce.

“Guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat. Dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global,” lanjutnya.

Namun sebagai catatan, Iwa menuturkan penyumbang pengangguran terbesar adalah lulusan SMK. Karena proses belajar mengajar dalam teori maupun praktek tidak sesuai dengan laporan kerja di lapangan. Ini merupakan masalah di Jawa Barat yang harus diperbaiki bersama.

“Sehingga langkah kedepannya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan bekerjasama antara SMK dengan Astra. Dan seluruh lulusannya diharapkan akan diserap oleh Astra,” ujarnya.

“Langkah-langkah strategis itulah yang kita akan terus kembangkan kedepan, sehingga kita tidak menjadi produsen pengangguran,” tegasnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,  Putra Wisnuaji mengatakan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orangtua. Sedangkan menurut UUD Nomor 23, pendidikan itu merupakan tugas pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Jadi kami sangat berharap pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersama-sama menyelesaikan PR-PR yang masih banyak. Terutama dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru,” ungkapnya.

Senior Executive Vice President Komersial dan UMKM Bank BJB, Beny Riswandi menuturkan guru mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Maka penghargaan ini sebagai bentuk kembali kasih pada para guru yang telah mendidik dan mengajarkan, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing.***

Bagikan: