Pikiran Rakyat
USD Jual 14.240,00 Beli 13.940,00 | Sedikit awan, 23.6 ° C

Herman Suherman Resmi Jadi Bupati Cianjur Gantikan Irvan Rivano Muchtar

Novianti Nurulliah
DOK HUMAS PEMPROV JABAR
DOK HUMAS PEMPROV JABAR

BANDUNG,(PR).- Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman resmi menjadi Pelaksana tugas (Plt) Bupati Cianjur. Pelantikan berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri tanggal 13 Desember 2018 yang diserahkan Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat 14 Desember 2018.

Hal itu seiring ditetapkannya Irvan Rivano Muchtar sebagai tersangka oleh KPK terkait dugaan penyelewengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Kabupaten Cianjur tahun 2018.

"Untuk Plt Bupati Cianjur bertugas sampai ketentuan hukum yang berlaku selanjutnya," ujar Ridwan Kamil.

Dia menuturkan, dengan penunjukan Plt Bupati Cianjur perjalanan dan mekanisme roda pembangunan. Roda pemerintahan di Jabar tidak boleh berhenti sedikitpun.

Sebagai perwakilan pemerintah pusat, Ridwan telah melaksanakan tugas mengangkat Wakil Bupati Cianjur sebagai Plt Bupati Cianjur per hari ini. Hal itu untuk ditindaklanjuti prosesnya setelah ada keputusan hukum yang definitif.

"Dan saya mengimbau jaga kondusifitas, kepada ASN juga tolong layani masyarakat Cianjur, tanpa ada kendala. Kemudian untuk masyarakat Cianjur saya titipkan kondusifitas jangan lakukan eksperesi yang berlebihan. Saya kira hidup ini harus sewajarnya saja," kata dia.

Kata dia, jangan mengekpresikan sesuatu terlalu berlebihan karena masing masing dari pihak politik pasti ada pihak pendukungnya juga dan yang tidak suka. "Jadi secukupnya saja. Kita tidak merekomendasikan dan menyarankan hal-hal yang seperti itu," ucap dia.

Sementara itu, Herman bersyukur telah menerima surat tersebut sebagai Plt Bupati Cianjur, sehubungan dengan Bupati Cianjur yang telah ditetapkan KPK Rabu kemarin.

“Kepemimpinan ada di pundak saya tentunya saya mohon doanya dan dukungannya agar bisa melaksanakan tugas lebih baik. Dan agar kejadian yang terjadi kemadin dapat diambil hikmahnya agar lebih baik," ujar dia.

Tanggapi syukuran rakyat Cianjur sebagai riak

Diakui dia, saat ini kondisi Cianjur kondusif dan aman. Pihaknya sudah menjalin komunkasi dengan forkominda. Termasuk dalam menangani euforia masyarakat.

"Alhamdulillah bisa terkendali walaupun pas hari H kemarin ada riak kami turun, dan bisa teratasi. Pelayanan pada masyarakat tetap berjalan, kami kumpulkan semua dinas daerah dan tidak ada  hambatan," ujar dia.

Menurut dia, riak yang terjadi merupakan euforia sebagian masyarakat saja. Di sisi lain, pihaknya sedih karena secara pribadi dia yakin pasangannya itu tidak mungkin berperilaku melanggar atruan.

"Terus terang kami di pemda sedih karena saya tahu Pak Irvan itu memiliki integritas yang tinggi, ke agamanya juga bagus, membina kami, kadis, sekda. Beliau orangnya hati-hati, mungkin lengah dalam pengawasan sehingga ada perangkat daerah yang tidak baik," tutur dia.

Herman meyakini hal itu karena sudah bekerja sama selama 2,5 tahun ini. Dia sudah memahami betul karakter Irvan.

Rencana ke depan, kata Herman, dia akan melanjutkan progam bupati dengan tujuh program. Lalu, agama, budaya dan visi misi mereka yang tidak boleh stagnan harus berjalan. Terlebih Cianjur sedang membangun infrastruktur dan juga mental agar berdampingan.

"Infrastruktur itu pembuatan jalan jembatan dan wisata sesuai dengan arahan gubernur dan alhamdulillah kami bangun infrastruktur. Wisatanya sama provinsi yang Gunung Padang," ujar dia.***

Bagikan: