Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Berawan, 20.9 ° C

Kuota Peserta Seleksi CPNS Subang Tak Terpenuhi, 99 Formasi Dipastikan Tak Terisi

Yusuf Adji
PNS
PNS

SUBANG, (PR).- Sebanyak 99 formasi bagi tenaga honorer eks-K2 dalam seleksi CPNS di Kabupaten Subang melalui jalur khusus dipastikan tak terisi. Pasalnya jumlah peserta seleksi dari eks K2 yang mendaftar dan memenuhi syarat terbilang minim, sehingga kuota formasi seleksi CPNS melalui jalur khusus di Kabupaten Subang tak terpenuhi.

Hingga batas akhir waktu pendaftaran ditutup, jumlahnya tercatat 129 orang. Padahal kuota formasi bagi tenaga honorer pada Seleksi CPNS 2018 telah disiapkan sebanyak 228 orang.

Sedangkan jumlah total pendaftar, termasuk jalur umum mencapai 5.682. Sesuai jadwal peserta yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan 21 Oktober mendatang.

"Pendaftar CPNS melalui jalur khusus eks K2 tidak memenuhi kuota, hanya 129 orang. Sisa formasi yang dipastikan tak terisi akan kami konsultasikan ke Menpan. Keputusannya seperti apa tergantung hasil konsultasi," kata Kepala Bidang Pengadaan BKPSDM Subang, Eza Zaithon, Rabu, 17 Oktober 2018.

Eza mengakui, minimnya pendaftar sangat disayangkan dan itu diluar dugaan. Sebab jumlah tenaga honorer eks K2 di Subang terbilang banyak, lebih dari lima ribu orang. Namun kenyataannya pendaftar tak memenuhi kuota.

Padahal, perkiraan awal bisa melebihi kuota yang disediakan. "Kami menginginkan kuota K2 yang disiapkan bisa terpenuhi, bahkan harapannya yang mendaftar bisa melebihi kuota. Namun verifikasi dan validasi pendaftar K2 yang memenuhi persyaratan datanya sudah ada di BKN, terlebih dulu diverifikasi Dinas Teknis," katanya.

Dikatakan Eza, walaupun pendaftar kurang dari kuota tetapi mereka yang sudah terdaftar di jalur khusus eks K2 tak menjadi jaminan otomatis bisa lulus. Kelulusan tetap mengacu kepada hasil tes.

Mereka harus mengikuti dan lolos Seleksi Kompetensi Dasar serta memenuhi nilai ambang batas yang disyaratkan sesuai Permenpan no 37 tahun 2018. "Kelulusan tetap mengacu kepada hasil tes. Sebab ada nilai ambang batas minimal yang harus terpenuhi, kalau hasil tes dibawah ambang batas tetap tak akan lulus," ujarnya.

Eza mengungkapkan, nilai ambang batas passing grade bagi peserta seleksi jalur khusus eks K2 yaitu 260. Apabila dibandingkan dengan ambang batas jalur umum patokannya lebih rendah. Sebab jalur umum ambang batas minimal passing gradenya 298.

"Bedanya, seleksi bagi peserta K2 hanya dua tahap yaitu seleksi Administrasi dan Kompetensi Dasar. Mereka tidak mengikuti seleksi Kompetensi Bidang sebagaimana jalur umum," katanya.

Lebih lanjut Eza mengungkapkan pendaftaran sudah ditutup sejak 15 Oktober 2018. Pasca penutupan, tahapan 16 - 20 Oktober 2018 yaitu verifikasi dan validasi administrasi. 

Jumlah total pendaftar seleksi CPNS di Subang berdasarkan data terakhir yaitu 5.682 orang. Sedangkan jumlah total kuota bagi Subang sebanyak 474, terdiri dari jalur umum 246 dan jalur khusus 228.

"Jumlah pastinya nanti akan kami cek lagi dan harus dilaporka  dulu ke Panselda. Data resminya nanti setelah ditandatangani Panselda, sekarang masih on progress dan kemungkinan, Minggu 21 Oktober 2018 akan diumumkan mereka yang lulus seleksi administrasi," ujarnya.***

Bagikan: