Pikiran Rakyat
USD Jual 14.370,00 Beli 14.070,00 | Berawan, 22.5 ° C

Video Parodi Lagu Tema Asian Games 2018 Viral, Polres Karawang Diganjar Penghargaan

Dodo Rihanto
Kapolres Karawang saat menerima Penghargaan Promoter Award dari Direktur Eksekutif Lemkapi.*
Kapolres Karawang saat menerima Penghargaan Promoter Award dari Direktur Eksekutif Lemkapi.*

KARAWANG, (PR).- Kepolisian Resor Karawang mendapat Penghargaan Promoter Reward dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) terkait pembuatan video anti hoaks. Pembuatan video itu dinilai kreatif dalam memberikan edukasi sekaligus hiburan kepada masyarakat.

Direktur Eksekutif Lemkapi, Edi Saputra Hasibuan menyebutkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi masyarakat terhadap kinerja kepolisian. Lemkapi yang merupakan bagian dari masyarakat sangat menghargai upaya Polres Karawang dalam memerangi hoaks dengan cara yang lebih menghibur dan mendidik.

"Kinerja postif polisi tentunya harus dihargai. Promoter Reward ini diharapkan menjadi montivasi bagi polisi lainnya agar kinerja mereka dalam melayani masyarakat terus ditingkatkan," ujar Edi seusai memberikan penghargaan tersebut di Aula Mapolres Karawang, Kamis 11 Oktober 2018.

Sementara itu Kapolres Karawang, Ajun Komisaris Besar Slamet Waloya mengatakan, video itu sengaja dibuat setelah dirinya melihat banyak berita hoaks menyebar di media sosial Karawang. Ironisnya berita hoaks tersebut kerap ditelan mentah-mentah oleh sebagian masyarakat, sehingga seolah-olah berita tersebut merupakan beritanyang benar.

"Kami perlu mengingatkan masyarakat agar tidak mudah terpengaruh oleh berita hoaks. Akhirnya lahirlah video itu," kata Slamet.

Disebutkan juga, pengambilan gambar dan suara untuk video itu dilakukan dalam waktu singkat dan mendadak. Slamet tak menduga jika video itu kemudian menjadi viral ke seluruh Indonesia.

Awalnya, kata Slamet, video itu hanya diunggah ke sejumlah media sosial yang kerap dilihat masyarakat Karawang. Namun, unggahan itu mendapat respons positif dari masyarakat yang kemudian mengunggah ulang ke media sosial lainnya.

"Kami sempat kaget sekaligus was-was ketika tahu video itu viral dalam waktu singkat," kata Slamet.

Perlu diketahui, dunia maya di Kabupaten Karawang sempat heboh dengan munculnya lagu parodi tema Asian Games 2018, yang syairnya diubah menjadi lagu anti hoaks. Penyanyi dalam lagu itu bukan warga biasa tetapi Kapolres Karawang beserta jajarannya.

Dalam waktu singkat video tersebut menyabar dan mendapat pujian dari berbagai elemen masyarakat Karawang. Merekapun sadar jika selama ini banyak yang terhasut isu berita hoaks.***

Bagikan: