Pikiran Rakyat
USD Jual 14.433,00 Beli 14.335,00 | Cerah berawan, 28.8 ° C

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Dihadirkan di Pusat Perbelanjaan

Mochammad Iqbal Maulud
PENJABAT Bupati Purwakarta, Taufiq Budi Santoso saat berada di pojok baca Pelangi Plaza, Jalan Taman Makam Pahlawan pada Jumat 14 September 2018.*
PENJABAT Bupati Purwakarta, Taufiq Budi Santoso saat berada di pojok baca Pelangi Plaza, Jalan Taman Makam Pahlawan pada Jumat 14 September 2018.*

PURWAKARTA, (PR).- Pemerintah Kabupaten Purwakarta, siapkan perpustakaan di pusat perbelanjaan. Salah satunya adalah berada di Pelangi Plaza yang berada di Jalan Taman Makam Pahlawan.

Selain dalam menyambut hari kunjungan ke perpustakaan, pembangunan perpustakaan ini pun dilakukan untuk genjot minat baca. Khususnya pada kalangan muda generasi milenial yang berada di Purwakarta‎.

Pada tahap pertama, sebanyak 1.300 buku bacaan disediakan di taman baca yang berada di mal tersebut. Ke depan diharapkan semua pusat perbelanjaan di Purwakarta memiliki perpustakaan. Jumlah buku pun rencananya akan ditambah.

"Ini salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah pusat, provinsi dan daerah untuk genjot minat baca. Selain itu hal ini juga dilakukan untuk membuat komunitas literasi baru. Khususnya untuk wilayah Purwakarta," kata Penjabat Bupati Purwakarta, M. Taufiq Budi Santoso‎ di lokasi, pada Jumat 14 September 2018.

Menurut Taufiq dengan pembangunan perpustakaan tersebut diharapkan minat baca masyarakat di Purwakarta bisa ‎meningkat. Apalagi perpustakaan ini ke depan di harapkan bisa sebagian berbentuk digital.

"‎Tak hanya perpustakaan di mall, nantinya kita kembangkan juga di halte bis, di stasiun, bahkan hingga rumah sakit. Sehingga membaca menjadi kebutuhan wajib warga Purwakarta ke depan," ucapnya.

Mendukung



Pada hari-hari terakhir menjabat sebagai Penjabat Bupati Purwakarta tersebut, Taufiq pun puas. Terutama dengan dibentuknya perpustakaan yang berada di mal tersebut.

"Tempat seperti mal‎ dipastikan banyak pengunjungnya. Jadi pengunjung kan bisa sambil belanja sambil membaca. Yah itu tadi khususnya pada generasi muda milenial," ucapnya.

Di tempat yang sama, Manajemen Pelangi Plaza, Daniel Sianturi mengatakan pihaknya mendukung dibukanya sudut baca di lokasi tersebut. "Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta untuk membuka pojok baca di sini," katanya.

Daniel mengungkapkan pihak Pelangi Plaza merasa bangga menjadi bagian dari program pemerintah. Apalagi program tersebut dalam rangka peningkatan literasi dan budaya membaca di masyarakat. "Apalagi di Purwakarta pojok baca di mall baru ada di kami," katanya.

Ribuan buku



Sebagai informasi, ribuan buku yang tersedia di Sudut Baca adalah pinjaman dari Perpustakaan Provinsi Jabar dan Kabupaten Purwakarta. Lalu kemudian ada juga pemberian Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta serta sumbangan dari masyarakat umum. 

Yus (40) warga Desa Sawah Kulon, Kecamatan Pasawahan, pun senang dengan dibangunnya perpustakaan ini. Apalagi untuk di mal baru pertama kali ada di Purwakarta.

"Meski buku-bukunya kekinian, tetapi saya butuh juga agar lebih faham maksud anak-anak sekarang. Biar bisa gaul juga sama anak muda," ucapnya. ***

Bagikan: