Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 21.2 ° C

Lubang Misterius di Sukabumi Kemungkinan Meluas Sampai 50 Meter

Ahmad Rayadie
WARGA melihat tanah amblas di lahan persawahan Kampung Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat 7 September 2018. Di bawah lokasi tanah amblas itu terdapat lintasan aliran air selokan bawah tanah.*
WARGA melihat tanah amblas di lahan persawahan Kampung Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat 7 September 2018. Di bawah lokasi tanah amblas itu terdapat lintasan aliran air selokan bawah tanah.*

FENOMENA lubang menganga secara tiba-tiba, mengagetkan warga  di Kampung Lego Nyenang, RT 05/02, di Desa Sukamaju, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Sejak Jumat 5 September 2018 lubang misterius di Sukabumi ditemukan, hal itu pun jadi sumber kekhawatiran masyarakat.

Garis polisi telah terpasang di sekitar lubang, personel Polsek  Kadudampit  dibantu personel Koramil Cisaat pun telah melarang warga mendekat lubang berdiameter dua puluh meter dengan kedalaman lebih dari delapan meter itu. 

Tapi warga berduyun-duyun mendekatinya. Mereka ingin memastikan kebenaran informasi tersebut. Dibantu warga, polisi pun memagari sekitar lubang untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan mengancam keselamatan warga.

"Karena dikhawatirkan diameter lubang semakin melebar dan mengancam masyarakat, kami melarang mendekat. Gerusan lubang itu, menjadi perhatian warga," kata Komandan Rayon Militer (Danramil) Cisaat, Kapten Inf Mahmud.

Mahmud mengatakan lubang ditemukan warga di aeral persawahan yang baru tanam. Lubang misterius di Sukabumi ini ada  di lahan persawahan milik Cece Sudirman (68). 

"Saat pemilik akan memeriksa tanamannya melibat ada lubang menganggap ditengah persawahannya," katanya.

Lubang misterius di Sukabumi berpotensi hingga seluas 50 meter



Dari pengamatan PR, terlihat rembesan air menuju salah satu kubangan berada persis ditengah persawahan. Pemilik sawah sama sekali tidak mengetahui persis jalan terbentuknya. Amblas tanah mirip lobang terdapat persis gua kini terus meluas. Gerusan tanah di sekitar lubang misterius di Sukabumi masih terus terlihat.

"Ditemukan lubang itu merupakan fenomena biasa. Jangan dikaitkan hal hal mistis. Lubang tersebut karena sebelumnya ada patahan disekitar tanah persawahan. Apalagi terdapat saluran air hingga ke sungai Cigalunggung yang berada tudak jauh dari areal persawahan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (PESDM) Kabupaten Sukabumi, Adi Purnomo.

Adi Purnomo mengatakan mengkhawatirkan diameter lubang terus bertambah. Bahkan tidak menutup kemungkinan diameter lubang terus bertambah bertambah .

 "Dari hasil pengamat dan kjian tim PESDM diperkirakan akan meluas. Tidak menutup kemungkinan meluas hingga  mencapai 50 meter," katanya.

Kendati tidak perlu dievakuasi pemukiman warga yang berada tidak jauh dari lokasi lubang, kata Adi Purnomo, tapi PESDM telah melakukan langkah koordinasi dengan pihak berwenang. 

"Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan warga dan binatang ternak terperosok, maka kami meminta pihak kepolisian dan keamanan lainnya untuk segera mengamankan areal lubang tersebut," katanya.

Selain itu, kata Adi Purnomo telah merekomdasi dilakukan sodetan saluran air. Apalagi memasuki musim penghujan diperlukan sodetan agar air dapat mengalir ke sungai. "Kami merekomenadi diperlukan sodetan" katanya.***

Bagikan: