Pikiran Rakyat
USD Jual 14.449,00 Beli 14.351,00 | Hujan singkat, 21.7 ° C

Ribuan Massa Aksi Bersih Pantai dan Gerakan Serentak Menghadap Laut di Pangandaran

Agus Kusnadi
Ribuan massa yang di pimpin oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menggelar aksi bersih pantai dan laut di 12 titik di pantai barat dan timur Pangandaran, Minggu, 19 Agustus 2018. Aksi bersih tersebut sesuai seruan Menteri Kelautan Dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.*
Ribuan massa yang di pimpin oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menggelar aksi bersih pantai dan laut di 12 titik di pantai barat dan timur Pangandaran, Minggu, 19 Agustus 2018. Aksi bersih tersebut sesuai seruan Menteri Kelautan Dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.*

PANGANDARAN,(PR).- Ribuan massa lakukan aksi gerakan bersih pantai dan laut serta aksi serentak menghadap laut di pantai Pangandaran.

Aksi gerakan sosial tersebut dilakukan secara serentak se-Indonesia, termasuk di pantai barat dan timur Pangandaran. Adapun di Pangandaran, aksi dipimpin langsung oleh Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata, beserta ibu Hj Ida Nurlaela. Kegiatan melibatkan ribuan orang yang terdiri dari jajaran Pemkab Pangandaran, pelajar, nelayan, relawan dan para pelaku wisata dan TNI Angkatan Laut Pangandaran.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, gerakan bersih pantai dan laut sesuai seruan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti ini dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke 73.

"Gerakan bersih pantai laut ini dilakukan di 12 titik di oantai barat dan timur Pangandaran," ungkap Jeje disela-sela waktunya, Minggu, 19 Agustus 2018.

Lanjut Jeje, Pangandaran memiliki panjang pantai 93 kilometer. Dari 10 kecamatan di Kabupaten Pangandaran ada 6 kecamatan yang berlokasi di pesisir pantai. Dan Pangandaran dikenal sebagai daerah pariwisata itu karena ada laut. 

"Anak-anak di Pangandaran tidak pernah kekurangan gizi karena sumber protein hewaninya terpenuhi karena ada laut, sehingga menjadi kewajiban kita untuk membersihkan laut," ucapnya. 

Jeje mengatakan,  hingga bulan ini ada 3 juta orang yang berkunjung ke Pangandaran, kalau dalam satu orang berbelanja 200 ribu saja ada 600 miliar uang yang berputar di Pangandaran.

"Karena kenapa , karena ada laut. Jadi laut yang bersih dan asri menkadi komitmen orang Pangandaran. Siapa itu ya nelayan, pemilik buggi, tukang perahu pesiar dan pedagang semua bersama-sama menjaga pantai supaya bersih," ujarnya. 

Selanjutnya, kata Jeje, dengan adanya gerakan ini timbul rasa kesadaran yang seperti biasanya di setiap hari Jumat selalu ada kegiatan bersih-bersih pantai dan laut. 

Ancaman serius



Kepala Dinas Kelautan, Perikanan Dan Ketahanan Pangan Kab Pangandaran, Rida Nirwana menyampaikan seruan Menteri Kelautan dan Perikanan RI tentang pentingnya menjaga laut, Surat Direktur Jenderal Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Nomor 864/ DJPRL/VIII/ 2018 serta data pencemaran laut yang didominasi banyaknya sampah mencapai 1,29 juta metrik ton pertahun setelah Cina yang mencapai 3,53 juta metrik ton pertahun. 

"Selain dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 juga tujuan kegiatan daerah pesisir akan lebih bersih, ikan-ikan sehat dan masyarakat menjadi lebih sejahtera dan meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir menjaga area pantai dari sampah," ucapnya.

Karena kata Rida, wilayah pesisir dan laut mengalami ancaman serius akibat dari aktivitas manusia, pembangunan dan industrial sehingga memicu timbulnya sampah, pencemaran dan kerusakan lingkungan yang masuk dari daratan ke laut.

"Untuk itu kita bersama seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan pengendalian sampah di lingkungan, terutama di sekitar laut dan pesisir pantai," ungkapnya.

Maka lanjut Rida, dalam rangka implementasi menjaga laut diselenggarakanlah gerakan bersih pantai dan laut serta aksi serentak menghadap laut di 73 titik lokasi di Indonesia, yang salah satunya dilaksanakan di pantai barat dan timur Pangandaran.***

Bagikan: