Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Berawan, 22.6 ° C

11 Alternatif Permainan Agar Lomba 17 Agustus Tak Lagi Membosankan

Tim Pikiran Rakyat

SETIAP tahun saat angka di kalender menunjukkan tanggal 17 Agustus, salah satu hal yang paling dinanti adalah perlombaan khas perayaan ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Jika bosan dengan jenis lomba 17 Agustus yang kerap diulang setiap tahun, Anda bisa mencoba menyelenggarakan permainan alternatif tradisional ini untuk perlombaan 17 Agustus.

Peserta: Dimainkan kelompok, tiap tim minimal 6 orang.

Aturan main: Adu cepat antarkelompok. Peserta berderet, berpegangan dan direnggangkan. Pegangan tak boleh lepas. Kemudian, peserta lomba 17 Agustus paling ujung masuk ke kolong di antara tangan yang lainnya mengikuti. Nantinya peserta mentok dengan posisi tangan menyilang. ­Setelah itu dilakukan kebalikannya sehingga ke posisi paling awal.

Makna: Melatih gotong royong saling bantu dan kepemimpinan karena saat memainkan harus ada yang memimpin.

Perlombaan jadul lebih seru



Perlombaan  17 Agustus tidak harus selalu beragam. Setiap daerah terkadang memiliki ciri khas lomba yang tidak dimiliki daerah lainnya.

Ada pula jenis lomba 17 Agustus yang tidak pernah absen setiap peringatan hari besar Republik Indonesia tersebut. Bahkan, mungkin ada pula lomba yang perlahan menghilang, karena tak lagi menjadi primadona di ajang 17 Agustus-an.

Di tengah perkembangan teknologi informasi, perlombaan yang dimainkan saat ini terkesan tak terlalu meriah. Kondisi itu jauh berbeda dengan suasana pada era tahun 1980-an.

Berikut sejumlah lomba-lomba 17 Agustusan yang terekam oleh Harian Umum Pikiran Rakyat di era 1980-an. Di antaranya mungkin sudah jarang ikut memeriahkan 17 Agustus karena tergantikan de­ngan jenis-jenis lomba yang lebih kekinian.

 1. Panco di atas lumpur

Permainan adu balon di tahun 1987, kala itu adalah jenis permainan 17 agustus yang terbilang baru. Memainkan adu balon dilakukan dengan masing-masing peserta berpasangan, kemu­dian sebuah balon diletakkan di antara kedua perut peserta. Pemenang­nya adalah pasangan yang paling dulu berhasil memecahkan balon.***

Bagikan: