Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Umumnya berawan, 20.6 ° C

Obor Asian Games Memotivasi Pariwisata Olah Raga Bogor

Hilmi Abdul Halim
MULAI dari menteri, kepala daerah, pengusaha, atlet hingga aktor ikut mengarak obor Asian Games 2018 di Kota Bogor, Selasa, 14 Agustus 2018. Pemerintah Kota Bogor memanfaatkan kegiatan itu untuk memperkenalkan potensi pariwisata olah raga dan kesenian budaya lokal.*
MULAI dari menteri, kepala daerah, pengusaha, atlet hingga aktor ikut mengarak obor Asian Games 2018 di Kota Bogor, Selasa, 14 Agustus 2018. Pemerintah Kota Bogor memanfaatkan kegiatan itu untuk memperkenalkan potensi pariwisata olah raga dan kesenian budaya lokal.*

BOGOR, (PR).- Mulai dari menteri, kepala daerah, pengusaha, atlet hingga aktor ikut mengarak obor Asian Games 2018 di Kota Bogor, Selasa, 14 Agustus 2018. Pemerintah Kota Bogor memanfaatkan kegiatan itu untuk memperkenalkan potensi pariwisata olah raga dan kesenian budaya lokal.

"Kota ini didesain, dirancang, direncanakan untuk menjadi kota olahraga," kata Walikota Bogor Bima Arya sebelum mengarak obor di Rumah Dinasnya. Menurut dia, kedatangan obor Asian Games 2018 bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan olahraga Kota Bogor ke depannya.

Bima menjelaskan rencana pemerintah daerahnya pada bidang olahraga ialah menambah infrastuktur yang layak. Menurutnya, keberadaan infrastruktur olahraga juga bisa menarik minat para wisatawan lokal. Terutama para pelari yang memanfaatkan lintasan khusus di sekeliling Kebun Raya Bogor dan taman-taman kota.

Kota Bogor memiliki stadion sepakbola yang digunakan oleh kontingen negara lain untuk berlatih sebelum pertandingan di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor. Para atlet dan ofisial mereka juga menginap di Kota Bogor selama pertandingan Asian Games kali ini.

Keberadaan para atlet mancanegara itu diharapkan menarik wisatawan asing. "Kami berharap ada limpahan tidak hanya wisatawan domestik tapi juga wisatawan mancanegara yang nonton Asian Games (di Jakarta) bisa ditarik ke Kota Bogor," kata Bima menambahkan.

Untuk itu, pemerintah daerah setempat telah berupaya membenahi destinasi pariwisata yang biasa menjadi tujuan wisatawan. Seperti kawasan Kebun Raya, museum-museum di sekitarnya, destinasi kuliner di jalan Suryakencana dan sebagainya.

Lebih lanjut, Bima berharap penyelenggaraan Asian Games juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Masyarakat yang memiliki usaha kecil menengah didorong membuat produk bernuansa olahraga dan Asian Games 2018 untuk dijual kepada para wisatawan.

Antusiasme warga



Obor Asian Games tiba di Rumah Dinas Walikota Bogor sekitar pukul 10.00 dan langsung diarak oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara. Obor kemudian diserahkan pada beberapa pejabat pemerintah lain termasuk Walikota Bogor Bima Arya. Pengarak obor juga berasal dari kalangan atlet seperti mantan petinju Elliyas Pical dan pemain bulu tangkis Icuk Sugiarto.

Para pelari yang membawa obor tersebut disambut ribuan pelajar di sisi Jalan Pajajaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jendral Sudirman hingga berakhir di Balaikota Bogor. Para penonton antusias menyemangati arak-arakan obor karena ada sejumlah bintang film seperti Chico Jericho, Yossy Projects Pop dan lainnya.

Kota Bogor menjadi lokasi terakhir yang dilewati obor Asian Games 2018 sebelum acara pembukaan di Jakarta. Obor tersebut sempat menginap satu malam di Istana Kepresidenan sebelum dibawa keliling Jakarta hingga ke lokasi pembukaan pada Sabtu, 18 Agustus 2018.

Antusiasme warga menyambut obor Asian Games kali ini diapresiasi Menkominfo Rudiantara. Ia mengaku bangga diikutsertakan dalam kegiatan tersebut di kota asalnya. 

"Asian Games ini 50 tahun lagi belum tentu jadi tuan rumah. Jadi kita harus memanfaatkan momentum menjadi tuan rumah saat ini," katanya sebelum menerima obor.

Meski penyelenggaraan perlombaan dipusatkan di Jakarta-Palembang, Rudiantara meminta seluruh Indonesia ikut menyambut Asian Games kali ini. Ia berharap penyelenggaraan multievent tersebut bisa sukses secara penyelenggaraan maupun prestasi para atlet nasional.***

Bagikan: