Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian berawan, 21.6 ° C

Keindahan Pantai Madasari yang Menghipnotis

Agus Kusnadi

PANGANDARAN,(PR).- Meski masih sederhana, objek wisata Pantai Madasari mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara. Pantai yang terletak di ujung sebelah barat Kabupaten Pangandaran, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak itu dikelola pemerintah desa, bekerja sama dengan karang taruna setempat.

Lokasinya yang jauh dari pusat Kabupaten Pangandaran, membuat objek wisata ini belum begitu dikenal gaungnya. Pengunjung biasanya agak ramai di hari Sabtu dan Minggu, atau di hari-hari libur besar. Itu pun tidak lebih dari 50 hingga 100 pengunjung.

Namun sejauh ini, tren objek wisata Pantai Madasari menunjukan peningkatan.

Kepala Desa Masawah, Ukan Suganda menuturkan berbagai  aktivitas menyenangkan dapat dilakukan di Pantai Madasari. Mulai dari bermain air di tepi pantai, swafoto,  menikmati sunset, samudera hindia, dan yang pasti panorama alami.

"Bisa juga buat spot memancing dari atas batu karang, dan kios makanan seafood untuk memanjakan pengunjung," ujar Ukan, Jumat, 10 Agustus 2018.

Kata Ukan, pantai Madasari juga sering digunakan oleh wisatawan untuk berkemah dan kegiatan outbound. Hanya saja, di objek wisata pantai Madasari belum ada perhotelan.

"Juga tidak bisa buat spot berenang karena ombaknya yang besar dan dipenuhi batu karang. Tidak seperti di pantai Pangandaran," ucapnya.

Pantai ini terletak di Desa Masawah Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Apabila dilihat di peta, pantai ini berada tepat di sebelah selatan pantai Batu Karas.

Baru 6 destinasi



Bupati Pangandaran Jeje wiradinata mengatakan, bahwa Kabupaten Pangandaran menyimpan banyak potensi destinasi pariwisata. Sejauh ini baru 6 destinasi saja yang sudah dikembangkan oleh pemerintah daerah. Yakni pantai Karapyak, pantai Pangandaran, Batu Hiu, Green Canyon, Batukaras, dan yang baru sekarang Pantai Madasari.

Bahkan kata Jeje, pemerintah daerah sedang menyambungkan akses jalan dari objek wisata pantai Batukaras Cijulang ke pantai Madasari Cimerak. 

"Jalan dan jembatannya sudah nyambung dari pantai Batukaras ke Madasari. Tinggal tahun 2019 kita akan lakukan pengaspalan. Dan itu menjadi prioritas," ujarnya. 

Hanya saja kata Jeje, pemerintah daerah saat ini memang tengah memprioritaskan destinasi wisata andalan yakni objek wisata pantai Pangandaran.

"Tahun ini kita dapat bantuan dari Kementerian Pariwisata untuk melanjutkan penataan pantai barat dan pantai timur Pangandaran paska merelokasi pedagang kaki lima. Biar pantainya lebih wah dan cantik," ucapnya. 

Menurut Jeje, ada tiga fokus pemerintah daerah tahun yakni lanjutan penataan pantai barat dan pantai timur Pangandaran, yang kedua ingin membicarakan dan mencoba mendesain untuk menempatkan Cagar Alam bagian dari tujuan destinasi wisata yang bisa diandalkan di Pangandaran.

"Kan Cagar Alam ini luar biasa pontensi. Ada gua, ada flora dan fauna nya, ada tempat bersejarah seperti gua Jepang dan bunker, ada juga pantai pasir putih dan terumbu karang nya yang bagus," katanya. 

Kalau Cagar Alam itu di tata dan dikoordinasikan dengan baik, maka kata Jeje akan menjadi tujuan wisata utama yang tidak ada di daerah lainnya.***

Bagikan: