Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Hujan petir singkat, 21.4 ° C

Besok, Ade Yasin-Iwan Setiawan Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilbup Bogor 2018

Hilmi Abdul Halim
PASANGAN Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Ade Yasin-Iwan Setiawan mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Bogor bersama ribuan pendukungnya, Selasa, 9 Januari 2018. Pendaftaran mereka terganggu aliran listrik yang padam sehingga petugas menggunakan teknik manual.*
PASANGAN Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor Ade Yasin-Iwan Setiawan mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Bogor bersama ribuan pendukungnya, Selasa, 9 Januari 2018. Pendaftaran mereka terganggu aliran listrik yang padam sehingga petugas menggunakan teknik manual.*

CIBINONG, (PR).- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bogor akan menetapkan Bupati Bogor terpilih Ade Yasin-Iwan Setiawan (Hadist), Sabtu, 11 Agustus 2018. Penetapan itu menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi yang tidak melanjutkan gugatan proses Pemilihan Bupati Bogor 2018 dari pasangan Jaro Ade-Inggrid Kansil (Jadi).

Ia dan seluruh partai politik pengusung menyatakan menerima keputusan MK tersebut. "Selamat dari seluruh pimpinan Parpol kepada Bu Ade Yasin dan haji Iwan atas hasil keputusan MK dan tinggal menunggu keputusan KPU," kata Jaro Ade di kediamannya, Jumat, 10 Agustus 2018.

Pernyataan itu disampaikan setelah ia menggelar rapat bersama para pimpinan partai koalisinya, Kamis, 9, Agustus 2018 malam. Meski gagal memenangkan Pilbup kali ini, Jaro dan seluruh partai yang mengusungnya mengaku masih memiliki tanggung jawab kepada masyarakat khususnya yang memilih pasangan Jadi.

Menurut Jaro, koalisi partai pengusungnya akan tetap berupaya merealisasikan visi misi yang disampaikan saat kampanye. Caranya, dengan mendapatkan kursi terbanyak pada Pemilihan Legislatif 2019 dan berkolaborasi dengan eksekutif untuk membuat program-program pro rakyat.

Tanggung jawab itu menurut Jaro, mulai direalisasikan pada masa jabatan Bupati Bogor Nurhayanti yang berakhir Desember 2018. Para pimpinan partai pengusung Jadi berharap pasangan terpilih, Ade Yasin-Iwan Setiawan mau diajak berkolaborasi memimpin Kabupaten Bogor ke depan.

"Sebuah amanah dari masyarakat, mudah-mudahan Bu Ade dan Pa Iwan diberi kesehatan dalam menjalankan amanahnya ketika menjadi bupati dan wakil bupati Bogor 2018,” kata Jaro Ade.

Selain itu, ia juga mengajak seluruh kader partai koalisi dan relawan untuk berpartisipasi menjaga kondusifitas setelah penetapan KPU.

Secara pribadi, Jaro mengaku belum memikirkan untuk mengikuti Pileg 2019 seperti dugaan masyarakat selama ini. Ia menyatakan akan fokus membantu partainya memenangkan kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat tingkat daerah, provinsi maupun pusat, sama seperti pimpinan partai lainnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Bogor Erik Fitriadi mengatakan penetapan bupati terpilih menurut aturan ialah tiga hari setelah KPU mendapatkan salinan keputusan MK. "Penetapan itu besok (Sabtu) jam 10.00 pagi di kantor KPU Kabupaten Bogor," katanya menegaskan.

Sebelumnya, MK mengabulkan eksepsi KPU Kabupaten Bogor sebagai pihak termohon gugatan proses Pilbup Bogor 2018 dalam sidang pembacaan putusan, Kamis, 9 Agustus 2018. MK menilai permohonan pasangan Jaro Ade-Inggrid Kansil itu tidak memiliki kedudukan hukum.

"Ini berdasarkan Undang-undang Nomor 10/2016 pasal 158 dan Peraturan MK Nomor 5/2017 pasal 7 ayat 2 huruf d," kata Erik mengutip pernyataan hakim. Salah satu eksepsi KPU menjawab jumlah daftar pemilih tetap tambahan yang dituding tidak sesuai proyeksi awal.

"Terkait DPTB,  ada sebanyak 77.602 pemilih. (Hal itu dibuktikan dengan) SK-SK (surat keputusan) dan berita acara pada saat penetapan daftar pemilih dan rekapitulasi suara di KPU," kata Erik. Ia mengatakan pemilih di DPTB juga memiliki hak yang sama seperti pemilih di DPT.

Kemenangan KPU juga disyukuri kubu pendukung pasangan Hadist. Dalam konferensi pers di Rahmat Yasin Center, Wakil Bupati terpilih Iwan Setiawan dan Kuasa Hukum pasangan Hadist Usep Supratman mengaku telah menduga hasil sidang MK tersebut karena selisih perolehan suara antara kedua pasangan dinilai cukup jauh.

"Setelah ini kami berharap masyarakat bersatu membangun Kabupaten Bogor. (Kamis) sore tadi juga pak Jaro Ade sudah menelpon dan mengucapkan selamat," kata Iwan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pasangan peserta Pilbup Bogor 2018 dan membuka pintu untuk menjalin kolaborasi membangun daerahnya ke depan.***

Bagikan: