Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 21.4 ° C

Dalam 15 Menit, Kebakaran Hanguskan Lima Ruang Kelas SMPN 10 Kahuripan

Mochammad Iqbal Maulud
KEBAKARAN 5 ruang kelas di Kelurahan Cisereuh, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta pada Selasa 8 Agustus 2018.*
KEBAKARAN 5 ruang kelas di Kelurahan Cisereuh, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta pada Selasa 8 Agustus 2018.*

PURWAKARTA, (PR).- Hanya dalam sekejap, lima ruang kelas di SMPN 10 Kahuripan, Kelurahan Cisereuh, Kecamatan Purwakarta Kota, ludes terbakar api.‎ Diduga api disebabkan oleh hubungan arus pendek ketika proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan.

Kejadian ini terjadi sekira pukul 15.30 WIB pada Rabu 8 Agustus 2018. Api merambat cepat akibat bangunan kelas terbuat dari bambu dan kayu. Bahkan ruang-ruang kelas tersebut terbakar semua dalam rentang waktu 15 menit saja.

"Dugaan awal kebakaran karena korsleting listrik di salah satu kelas. Meski api mulanya kecil, namun hembusan angin yang besar membuat api membesar dengan cepat. Apalagi atap kelas terbuat dari injuk," kata Kepala Sekolah SMPN 10 Purwakarta, Neneng M Fatimah, di lokasi.

Meski demikian lanjut Neneng, ruang-ruang sekolah itu sudah tidak dipakai. Hal ini dikarenakan ruang-ruang kelas tersebut akan direhab oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

"Tetapi memang ruang kelas ini tidak jauh dari ruangan lainnya yang digunakan. Kejadian ini sempat membuat panik para siswa, karena dikhawatirkan api akan menyebar pula ke kelas yang dipakai," katanya.

Guru dan siswa turut memadamkan api



Para siswa dan guru pun lanjut Neneng, berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun karena api menjalar begitu cepat dan besar, hal tersebut tak mampu dilakukan. Sehingga Neneng pun akhirnya meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran Purwakarta.

Tim Damkar Kabupaten Purwakarta pun, akhirnya datang ke lokasi kejadian. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian yang sempat menggegerkan warga setempat tersebut.

Akhirnya dalam rentang waktu 30 menit, tim pemadam kebakaran berhasil memadamkan api. Namun mereka tak sendiri, karena dibantu aparat kepolisian dan warga sekitar. Bahkan berkat bantuan warga dan polisi, api pun bisa dilokalisir sehingga tak menyebar.

"Penyebab kebakaran ini masih diteliti oleh pihak kepolisian. ‎Sehingga hasilnya belum kita ketahui. Namun menurut kepolisian dugaan sementara karena hubungan arus pendek," kata Neneng. ***

Bagikan: