Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 20.3 ° C

Lagi, Pabrik Tekstil Disegel karena Buang Limbah ke Citarum

Dodo Rihanto

KARAWANG, (PR).- Kepolisian Resor Karawang kembali menyegel Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) pabrik tekstil yang ada di wilayah Karawang, Selasa, 24 Juli 2018. Kali ini Ipal yang disegel adalah milik PT Sandang Makmur Anugrah (SMA) yang berlokasi di Desa Warungbambu, Kecamatan Karawang Timur.

Pabrik tersebut diduga kuat telah membuang limbah secara langsung ke aliran Sungai Citarum. Sementara Ipal yang ada tidak difungsikan sama sekali.

Penyegelan Ipal milik PT SMA itu ditandai dengan pemasangan garis polisi di sekeliling Ipal yang dipimpin langsung oleh Kapolres Ajun Komisaris Besar Slamet Waloya. Selain memasang garis polisi, petugas juga mengambil sampel air limbah dari saluran pembuangan.

"Limbah yang dibuang ke Citarum diduga mengandung bahan beracun berbahaya (B3)," kata Kapolres.

Menurut dia, limbah tersebut merupakan sisa celupan pewarna tekstil. Hal itu terlihat dari kondisi air limbah yang berwarna-warni.

"Perusahaan ini memiliki Ipal, tetapi tidak diganakan sebagai mana mestinya. Limbah malah langsung dialirkan ke Citarum," tutur Slamet.

Disebutkan juga, polisi telah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) setempat untuk mengambil sampel limbah di beberapa titik saluran limbah PT SMA.  Dari hasil sementara, limbah tersebut menunjukan pH 11 yang berarti bersifat sangat berbahaya.

"pH normal itu berada pada kisaran angka 6 hingga 7. Tetapi yang kita temukan angkanya mencapai 11. Ini sangat berbahaya," kata Slamet Waloya.***

Bagikan: