Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 22.6 ° C

Penghubung Sumedang-Majalengka Jembatan Cilutung Ditutup, Lalu Lintas Macet Panjang

Tati Purnawati

MAJALENGKA,(PR).- Jembatan Cilutung yang berada di ruas jalan nasional dan menghubungkan Kabupaten Majalengka-Kabupaten Sumedang mulai ditutup. Lalu lintas diberlakukan satu arah terkait mulai dilakukannya perbaikan lantai jembatan, Kamis 11 Juli 2018.

Setiap ujung jembatan bagian Utara baik dari arah Bandung maupun dari arah Cirebon hingga setengahnya ditutup dan tdiak bisa dilintasi. Kini lalu lintas hanya diberlakukan satu arah, kemacetan pun tak ayal hingga berpuluh-puluh meter.

Sementara itu di Perempatan Kadipaten tepatnya di bundaran, polisi berupaya melakukan rekayasa lalulintas dengan measang garis pembatas di bagian tengah. Kendaraan yang berasal dari arah Bandung menuju Cirebon di belokan ke arah kiri melintasi jalan Brawijaya sejauh beberapa ratus meter dan keluar kembali ke jalan nasional. Demikian halnya dari arah Tol Kertajati.

Sedangkan sebaliknya dari arah Cirebon menuju Bandung melaju lurus. Hanya persoalannya ada sejumlah kendaraan tronton dengan panjang  lebih dari 10 meteran sulit untuk berbelok ke arah kanan ataupun kiri. Hal itu akibat terhalang oleh bundaran sehingga jalanan sempit. Kendaraan tronton harus berupaya mundur maju agar bisa keluar dari bundaran tersebut.

“Sulit maju, kendaraan panjang sementara jalan kecil karena ditengah ada bundaran. Kalau dipaksakan maju kendaraan akan menabrak pos polisi atau toko yang ada di pinggir jalan. Jadi kalau kendaraan memutar sangat sulit,” ungkap Nunu seorang pengemudi.

Cegah kemacetan



Mulai di perempatan kadipaten sejumlah petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan terus berjaga untuk kelancaran lalu lintas kendaraan. Petugas mengatur setiap kendaraan agar tidak terjadi kemacetan di perempatan.

Sebagaian kendaraan dari arah Cirebon menuju Bandung diminta untuk berbelok arah menggunakan jalur jalan Tol Cipali.

Kapolres Majalengka Ajun Komisaris Besar Polisi Noviana Tursanurohmad mengungkapkan untuk menghindari kemacetan panjang yang terjadi di perempatan kadipaten. Atau pun i pintu jembatan disarankan para pengendara baik dari arah Bandung ataupun Cirebon untuk menggunakan ruas Tol Cipali. Hal ini juga lebih mempercepat laju perjalanan bagi para pengendara.

Pengarahan untuk pengalihan jalur jalan ini selain diperempatan Kadipaten juga sudah dilakukan di perempatan menuju pintu masuk. Maupun di pintu keluar tol di Sumberjaya.

Sementara itu diperoleh informasi bahwa perbaikan jembatan ini rencananya akan memakan waktu hingga sekitar tiga bulanan. Seluruh lantai jembatan rencananya akan dibongkar dan diganti dengan coran.***

Bagikan: