Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Umumnya berawan, 20.6 ° C

Pilbup Ciamis 2018, Iing Syam Arifin Legowo Akui Kemenangan Herdiat Sunarya

Nurhandoko

CIAMIS, (PR).- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis petahana Iing Syam Arifin dan Oih Burhandudin (Idola) akhirnya legowo mengakui kemenangan pasangan nomor 1, Herdiat Sunarya – Yana D Putera (HY). Namun demikian untuk kepastiannya calon bupati Ciamis terpilih tetap harus menunggu keputusan KPU.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan perhitungan cepat maupun real count KPU, pasca pemungutan suara 27 Juni lalu,  pasangan nomor 1 yakni Herdiat – Yana menang atas pasangan petahanan nomor 2, Iing Syam Arifin – Oih Burhanudin. Hasil hitung KPU, pasangan HY memeroleh 59,61 persen suara, sedangkan pasangan Idola meraih 40, 39 persen. Data tersebut berasal dari 2.223 TPS dari keseluruhan 2.263 TPS atau sekitar 98 persen.

“Kami legowo dan saya ucapkan selamat kepada pasangan calon nomor urut 1 Herdiat Sunarya dan Yana D Putera, atas kemenangannya di Ciamis,” tutur Iing Syam Arifin, di Pendopo Kabupaten Ciamis Senin 2 Juli 2018.

Meskipun KPU belum menetapkan pemenang, Iing mengakui hasil perhitungan saat ini sudah memenangkan pasangan nomor1, HY. Dengan demikian, lanjutnya adalah menunggu pengumuman resmi dari pihak penyelenggaran Pilkada, KPU. Lebih lanjut Iing Syam Arifin yang bakal mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2019, berharap agar persoalan yang saat ini tengah ditangani oleh pihak terkait dapat diselesaikan dengan tuntas. Selain itu dia juga minta agar semua pihak dapat menjaga iklim kondusif tatar galuh Ciamis paska Pilkada Serentak.

“Sebagai bupati, tentu saja saya bertanggungjawab atas kondusifitas Ciamis. Semoga suasana seperti ini tetap dapat berlanjut. Saya juga menyampaikan terima kasih terhadap semua masyarakat yang telah aktif dalam menyukseskan Pilkada,” kata Iing Syam Arifin.

Pelanggaran



Terpisah Barisan Relawan Iing  Oih (Barel 10) pada Senin 2 Juli 2018 menyatakan akan mendatangi dan melaporkan pelanggaran yang terjadi dalam Pilkada Bupati Ciamis kepada Panwaslu Ciamis. Selain mengaku sudah memegang sejumlah barang ukti dan saksi, juga masih terus mendalami dugaan pelanggaran lainnya. “Kami masih mengumpulkan berbagai barang bukti dan saksi terkait dengan dugaan pelanggaran selama berlangsungnya pilkada kemarin. Kami juga sudah merencankan bakal mendatangi Panwas sebelum KPU melaksankan rapat pleno penghitungan,” tutur Koordinator Barel 10, Johan.

Didampingi juru bicara Barel 10, Prima, dia mengungkapkan beberapa temuan dugaan pelanggaran yang bakal diserahkan ke Panwaslu. Johan berharap semua pihak juga menghormati seluruh keputusan yang ada. Sementara itu juru bicara Barel 10 Prima menyatakan bahwa sampai saat ini proses Pilkada masih berlangsung. Hal itu berkenaan dengan belum tuntasnya proses penghutngan suara, termasuk KPU belum mengeluarkan hasil final penghitungan suara. “Proses masih berjalan. Kami juga berharap suasana kondusif saat ini tetap terjaga,” tuturnya.***

Bagikan: