Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 22.8 ° C

Kesbangpol Jawa Barat Nyatakan Pilkada Serentak 2018 Berlangsung Kondusif

Riesty Yusnilaningsih

BEKASI, (PR).- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Barat memastikan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2018 di 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat berlangsung kondusif dan aman.

"Hasil laporan dari Badan Kesbangpol di Jabar, Pilkada Serentak berlangsung aman, lancar, dan situasi terjaga kondusivitasnya. Baik yang daerahnya menghelat Pemilihan Wali Kota atau Bupati, juga yang hanya menghelat Pemilihan Gubernur Jabar. Tidak ada riak-riak berarti, seperti halnya Pemilihan Gubernur lima dan sepuluh tahun lalu, di Jabar selalu kondusif," ucap Kepala Kesbangpol Jabar Ruddy Gandakusumah, Senin 2 Juli 2018.

Tak hanya kondusivitas wilayah yang diapresiasi positif olehnya, tingkat partisipasi warga Jabar dalam memeriahkan pesta demokrasi pun turut diacungi jempol olehnya. Target partisipasi yang dipatok Komisi Pemilihan Umum Jabar sebesar 70 persen, nyatanya bisa terlampaui.

Kesbangpol Jabar turut terlibat dalam upaya mengdongkrak partisipasi warga, yakni dengan menggelar roadshow bertajuk "Harmoni Pesta Demokrasi, Jabar Memilih, Jabar Kondusif 2018" hasil kerja sama dengan KPU Jabar dan Badan Pengawas Pemilu Jabar.

"Kami gelar roadshow di empat wilayah, yakni Karawang, Cianjur, Indramayu, dan Kabupaten Bandung. Alhamdulillah ada hasil dari roadshow ini pada peningkatan partisipasi pemilih," ucap Ruddy yang kini juga menjadi Penjabat Wali Kota Bekasi tersebut.

Di Kota Bekasi sendiri, angka partisipasi pemilih mengalami lonjakan drastis dari penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota 2012 dan Pemilihan Gubernur 2013.

"Dari semula hanya di kisaran 48 persen, kali ini bisa lebih dari 70 persen," ucap Komisioner KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni. Tingkat partisipasi tersebut diketahui dari hasil pindai formulir C dan C1 dari 3.030 Tempat Pemungutan Suara.

"Hasil pindai formulir C dan C1 ini akan menjadi pembanding saat dilakukannya pleno perolehan suara. Jadi angkanya memang tidak akan terlalu jauh meleset," katanya.***

Bagikan: