Pikiran Rakyat
USD Jual 14.619,00 Beli 14.521,00 | Berawan, 21.8 ° C

Saling Klaim Kemenangan di Pilbup Purwakarta Terus Berlangsung

Mochammad Iqbal Maulud

PURWAKARTA, (PR).- Dua kubu pasangan calon Pilkada Purwakarta terus saling mengklaim kemenangan. Dua kubu yang saling klaim adalah pasangan Anne dan Aming serta Zainal dan Luthfi yang merupakan pasangan nomor urut 2 dan 3.

Ketua Tim Pemenangan Zainal Arifin dan Luthfi Bamala (Zalu), Ridwan Alamsyah Azhar mengklaim pasangan yang diusungnya telah memenangi Pilbup Purwakarta. Berdasarkan data yang dimilikinya, pasangan Zalu unggul atas pasangan Anne dan Aming dengan selisih suara 5 persen.

"Dari data berdasarkan penghitungan tim di lapangan, pasangan Zalu mendapatkan 44,03 persen suara. Setelah itu, diikuti oleh pasangan Anne dan Aming dengan 39,11 persen,diikuti Padil dan Acep Maman di angka 16,84 persen," kata Ridwan, Kamis 28 Juni 2018 malam.

Klaim Anne dan Aming



Klaim kemenangan juga dilontarkan Koordinator Lapangan Tim Pemenangan Anne dan Aming, Lalam Martakusuma. Menurut dia, raihan suara Anne dan Aming membuktikan bahwa masyarakat Purwakarta menginginkan kesinambungan pembangunan.

Dia berkaca pada tingkat partisipasi pemilih di Purwakarta sebesar 78,75 persen. Pemilih laki-laki memiliki tingkat partisipasi sebesar 75,16 persen. Sementara pemilih perempuan memiliki persentase lebih tinggi yakni 81,65 persen.

"Ini cermin dari performa kandidat dan kinerja tim pemenangan. Apalagi, partisipasi pemilih perempuan sangat besar. Berdasarkan hasil ini, Anne menjadi Bupati Purwakarta perempuan pertama," kata Lalam, Jumat 29 Juni 2018 di kediamannya di Ciganea, Purwakarta.

Tenangkan simpatisan



Koordinator Relawan Anne dan Aming, Hari Kristiawan mengatakan, kemenangan ini tidak boleh membuat relawan jemawa. Dia mengimbau agar seluruh relawan di berbagai pelosok untuk mengawal perhitungan suara di semua sektor.

Berdasarkan informasi, hari ini proses penghitungan tersebut baru sampai pada tingkat kecamatan. Seluruh potensi kecurangan dan manipulasi data menurut Hari, harus dikawal para relawan.

“Kepada para relawan dan simpatisan, tetap tenang dan tidak jemawa. Penghitungan suara di setiap lini agar dikawal sampai kita mengawalnya di KPU Purwakarta,” katanya.

Penghitungan sementara KPU

Pasangan Anne dan Aming unggul menurut penghitungan KPU. Hasil itu didapat berdasarkan penghitungan Formulir tipe C1 berisi rekapitulasi suara di seluruh TPS di Purwakarta.

Situs resmi KPU, infopemilu.kpu.go.id memperlihatkan keunggulan pasangan calon yang diusung enam partai politik itu.

Hingga Jumat 29 Juni 2018 petang, pasangan Anne dan Aming memperoleh 43,80 persen suara.

Perolehannya diikuti Zainal dan Luthfi. Pasangan yang maju melalui jalur independen itu meraih 38,54 persen suara. Sementara posisi terbawah dihuni pasangan Padil dan Acep Maman. Raihannya yakni sebesar 17,66 persen suara.***

Bagikan: