Pikiran Rakyat
USD Jual 14.433,00 Beli 14.335,00 | Umumnya berawan, 27.8 ° C

Hoaks: Kabar Pembukaan CPNS 2018

Adang Jukardi

JAKARTA, (PR).- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menepis beredarnya kabar tentang pendaftaran CPNS (calon pegawai negeri sipil) tahun 2018 di berbagai media sosial yang menjadi viral. Mereka menegaskan bahwa kbar itu adalah berita bohong alias hoaks.

"Hingga kini, belum ada informasi resmi mengenai pembukaan dan pendaftaraan CPNS tahun 2018. Kabar yang beredar di masyarakat, kami pastikan hoaks," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman, dalam siaran pers yang diterima "PR", Minggu 24 Juni 2018.

Herman mengatakan, tahun ini memang ada rencana penerimaan CPNS, terutama untuk formasi guru, tenaga kesehatan, serta formasi spesifik lainnya. Formasi itu membidik Nawacita dan sesuai bisnis inti (core business) instansi. 

"Akan tetapi, semuanya masih dalam proses. Sampai sekarang, usulan formasi yang disampaikan oleh instansi melalui e-formasi masih dalam tahap validasi," kata Herman.

Informasi yang beredar di berbagai media sosial itu, kata dia, seolah-olah pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada Juli 2018. Bahkan di medsos, disebutkan kriteria yang diperlukan, susunan formasi, dokumen yang dibutuhkan, alur pendaftaran dan kuota penerimaan CPNS.

Karena informasi di media sosial itu tidak benar, ia meminta kepada seluruh masyarakat agar waspada dan berhati-hati dengan beredarnya berbagai informasi yang simpang-siur tapi tidak jelas sumbernya. 

"Semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website resmi menpan.go.id," ucap Herman menjelaskan.***

Bagikan: