Pikiran Rakyat
USD Jual 14.449,00 Beli 14.351,00 | Umumnya berawan, 22.7 ° C

Mudik Lebaran 2018 Lancar karena Penurunan Jumlah Kendaraan Bermotor

Mochammad Iqbal Maulud
MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat mengunjungi Pospol Cikopo Kabupaten Purwakarta pada Selasa 12 Juni 2018.*
MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) saat mengunjungi Pospol Cikopo Kabupaten Purwakarta pada Selasa 12 Juni 2018.*

PURWAKARTA, (PR).- Penurunan jumlah kendaraan bermotor pada arus mudik 2018 menyebabkan kondisi lalu lintas pada H-3 relatif lancar. Selain itu banyaknya fasilitas mudik gratis menjadi faktor pendukung penurunan kendaraan tersebut.

Hal di atas dikemukakan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi. Tepatnya saat mengunjungi Posko Cikopo, Kecama‎tan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, pada Selasa 12 Juni 2018.

Menurut Budi penurunan penggunaan jumlah kendaraannya pun dibanding tahun lalu cukup terasa. "Tahun lalu memasuki H-3 justru banyak lonjakan kendaraan. Bahkan kendaraan yang mudik mengalami kenaikan hingga 14 persen," katanya.

Namun berbeda dengan tahun ini, Budi menjelaskan‎ penggunaan sepeda motor dan mobil pribadi mengalami penurunan hingga 12 persen.‎ "Hal ini karena banyaknya lembaga yang menyediakan sarana untuk mudik gratis bagi masyarakat," ucapnya.

Berdasarkan data yang masuk ke Kementrian Perhubungan, lanjut Budi, program mudik 2018 gratis ini dibanding tahun sebelumnya‎ mengalami kenaikan yang luar biasa. "Naiknya hingga 40 persen fasilitas mudik gratis. Hasilnya yah jalan tidak macet parah seperti tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

Bahkan lanjut dia, sarana mudik gratis ini tidak hanya menggunakan fasilitas darat saja. Tahun ini kata Budi, ada pemberangkatan mudik gratis melalui jalur kapal laut, bahkan pesertanya mencapai hingga 30 ribu orang.

Pantauan helikopter



Budi pun sangat lega saat memantau arus mudik ini menggunakan helikopter. Berdasarkan pantauannya jalur yang digunakan mudik 2018 ini relatif lancar, meski ada sedikit hambatan namun secara umu lancar.

"Kepadatan yang terlihat tadi ada di Gerbang Tol Cikarang Utama, namun sekarang sih sudah lancar lagi. Hal ini karena petugas langsung bertindak untuk mengurai kemacetan," katanya.

Meski demikian, Budi tidak lantas puas dengan lancarnya arus mudik ini. Hal ini karena ada 3 hari ke depan menjelang Lebaran yang harus pula mendapatkan perhatian. "Mudah-mudahan beberapa hari ke depan bisa lancar juga. Sehingga para pemudik bisa pulang dengan aman dan lancar," ucapnya.

Oleh karena itu Budi berharap para pemudik bisa mentaati peraturan agar perjalanan lancar. Selain itu jika para pemudik merasa lelah diharapkan bisa beristirahat terlebih dahulu, agar bisa melanjutkan perjalanan dengan baik.***

Bagikan: