Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 28.7 ° C

Memarkir Mobil di Bahu Jalan Ganggu Pengguna Tol Cipali

Yusuf Adji

SUBANG, (PR).- Jumlah kendaraan masuk Tol Cikopo-Palimanan terus melonjak setiap hari. Antrean kendaraan pun tak terhindarkan. Tambahan lagi, ada saja pengendara yang memarkir mobil di bahu jalan Tol Cipali.

Volume kendaraan melintas Tol Cipali wilayah Kabupaten Subang melonjak, Minggu 10 Juni 2018. PT LMS, pengelola Tol Cipali mencatat peningkatan jumlah kendaraan hingga minggu siang mencapai 41,21 persen dibanding hari sebelumnya.

Dia mengatakan upaya mengurai kemacetan telah dilalukan. Manajemen LMS memutuskan melakukan contraflow selama 2 jam, dari pukul 9 hingga 11 pagi. Keputusan contraflow tersebut telah melalui proses koordinasi dengan pos Operasi Ketupat 2018 di Cikopo dan Jasa Marga cabang Jakarta Cikampek.

"Kami mengimbau para pemudik tidak berhenti di bahu jalan. Sebab bisa membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain, termasuk mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Suyitno mengatakan kendaraan yang melintas  di Tol Cipali, tepatnya keluar dan masuk GT Palimanan arah Cirebon maupun Jakarta, hingga Minggu 10 Juni 2018 pukul 14.00 WIB sebanyak  33.728 unit.

Banyak yang memarkir mobil di bahu jalan, lalu lintas masih lancar



Jumlahnya meningkat 41.21 persen dari hari Sabtu siang pada waktu sama mencapai 23.885 unit. "Rata-rata jumlah kendaraan yang melintas di gerbang exit 3.167 kendaraan per jam. Kalau jumlah kumulatif lalin 2018 yaitu 18.72 persen lebih tinggi dibandingkan tahun 2017," ujarnya.

Arus lalu lintas di jalan tol Cipali utamanya arah Cikopo menuju palimanan mengalami peningkatakan sejak Jumat sore. Setiap harinya terus bertambah banyak hingga minggu. Itu terlihat dari iring iringan mobil yang melitas jaraknya sudah mulai berdekatan, tetapi arus lalu lintas masih bisa melaju kencang.

Namun di sekitar rest area, laju kendaraan pemudik tersendat hingga menyebabkan antrean cukup panjang. Selain disebabkan keluar masuk kendaraan, ditambah banyak pula pemudik yang memarkir mobil di bahu jalan Tol Cipali.***

Bagikan: