Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Hujan singkat, 21.6 ° C

Fasilitas Keamanan Tanjakan Emen Dilengkapi

Yusuf Adji
Pengendara sepeda motor melintas di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa, 27 Februari 2018 lalu.*
Pengendara sepeda motor melintas di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa, 27 Februari 2018 lalu.*

SUBANG, (PR).- Sarana dan fasilitas keamanan jalur sekitar Tanjakan Emen Cicenang Subang terus dilengkapi menjelang arus mudik Lebaran 2018. Di lokasi ini sekarang sudah terpasang rambu kejut, pembatas jalan, serta penambahan penerangan jalan umum (PJU).

Seperti diketahui, Tanjakan Emen atau Turunan Emen yang berada di Desa/Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, kerap memakan korban. Sejumlah kecelakaan lalu lintas terjadi karena keterbatasan sarana dan prasarana di lokasi, faktor pengemudi, hingga kelaikan kendaraan.

"Ya, buat menjamin keselamatan pengguna jalan yang melintas tanjakan emen sudah dilakukan penambahan sarana. Rambu kejut dibuat oleh Bina Marga provinsi. Sedangkan penambahan PJU buat penerangan tengah dikerjakan Kementerian Perhubungan. Mudah mudahan bisa menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Subang Rona Mairansyah, Rabu 6 Juni 2018.

Dia mengatakan, Tanjakan Emen yang berada di jalur Subang-Bandung itu biasanya mengalami lonjakan arus lalu lintas saat mudik Idulfitri. Banyaknya objke wisata di daerah Subang menjadi salah satu penyebab kepadatan tersebut.

Saat musim mudik, jalur itu biasa digunakan sebagai jalur alternatif bagi pemudik ke arah jalur selatan. "Jadi pemudik dari arah Tol Cipali atau jalur tengah dari Purwakarta bisa melintas Subang-Jalancagak-Ciater-Bandung," ujarnya.


Baca juga: Asal-usul Tanjakan Emen



Harus tetap hati-hati



Ia mengatakan, berbagai sarana tambahan di Tanjakan Emen diharapkan bisa menjamin keamanan saat dilalui pemudik. Misalnya, keberadaan rambu kejut yang sudah terpasang bisa meminimalisasi terjadinya kecelakaan di tanjakan itu.

"Rambu-rambu kejut itu seperti polisi tidur berukuran kecil sudah ada di sejumlah titik Tanjakan Emen atau Bandung menuju Subang, begitu juga sebaliknya. Pos pengamanan juga disiagakan untuk membuat pengendara lebih berhati-hati selama melintas jalur tersebut," katanya.

Dijelaskan, kondisi jalan Subang-Bandung maupun sebaliknya sudah bagus dan layak digunakan. Namun, pengguna jalan diharapkan untuk tetap berhati-hati karena geometri jalan yang menanjak dan menurun panjang.

"Mudah mudahan selama arus mudik maupun balik jalur tersebut bisa nyaman dilalui dan aman," ujarnya.***

Bagikan: