Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Sebagian cerah, 28.2 ° C

Korlantas Siapkan Tim Khusus Jelang Mudik Lebaran 2018

Mochammad Iqbal Maulud
Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Mabes Polri Brigadir Jenderal Chrysnanda Dwilaksana saat mengunjungi Gerbang Tol Cikopo, Kabupaten Purwakarta pada Rabu 16 Mei 2018.*
Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Mabes Polri Brigadir Jenderal Chrysnanda Dwilaksana saat mengunjungi Gerbang Tol Cikopo, Kabupaten Purwakarta pada Rabu 16 Mei 2018.*

PURWAKARTA, (PR).- Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas, Brigadir Jenderal Chrysnanda Dwilaksana, tinjau jalur mudik di Purwakarta. Tepatnya di Pospol Cikopo, Kabupaten Purwakarta, pada Rabu 16 Mei 2018.

"Kami mengunjungi Purwakarta karena gerbang Tol Cikopo merupakan daerah vital pada arus mudik Lebaran 2018. Oleh karenanya kami juga perlu lakukan persiapan pengamanan," ucap Chrysnanda.

Chrysnanda pun menyampaikan Korlantas Mabes Polri telah menyiapkan tim khusus dalam menangani kesiapan arus mudik‎. "Jadi tim kami nantinya juga akan melakukan penelitian terpadu, di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta," katanya.

Chrysnanda pun berjanji akan bekerjasama dengan para pihak yang terkait untuk memperlancar arus mudik. Terutama perbaikan jalan di jalur tol Jakarta Bandung yang membuat kemacetan. "‎Jadi kita akan 

mempersiapkan kegiatan mudik ini sebaik mungkin. H-10 sudah sepakat akan melakukan pelebaran atau membuka lokasi-lokasi yang ditutup untuk pembangunan," ucapnya.

Oleh karenanya Chrysnada berharap kerjasama ini bisa membantu proses kelancaran mudik. "Saya kira yang menjadi permasalahan tidak hanya soal penyempitan jalan. Ada juga karena volume kendaraan yang menumpuk dan faktor manusia," ucapnya.

Sehingga menurut Chrysnanda hal itu harus diatasi bersama dan perlu ada tindakan tidak hanya secara manual, tapi juga secara virtual. "Kami pun telah memiliki aplikasi-aplikasi untuk memberikan informasi, situasi dan kondisi kelancaran dan keamanan dalam berlalu lintas," ucapnya.

Oleh karenanya Chrysnanda mengimbau‎ bagi para pemudik dan pengguna jalan untuk taat aturan dan sadar saat berlalu lintas. "Kita harus memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap keselamatan untuk diri sendiri maupun orang lain. Stop pelanggaran, stop kecelakaan," ucapnya.

Persiapan teknis dan nonteknis



Sementara itu sejumlah persiapan teknis dan non teknis tengah dipersiapkan oleh jajaran Satlantas Polres Purwakarta. Hal tersebut juga untuk mendukung langkah Korlantas Mabes Polri dalam menghadapi arus mudik.

"Dalam Operasi Ketupat Lebaran 2018, persiapan, baik dari personil maupun sarana dan prasarana yang ada kami optimalkan. Sejumlah pos pelayanan juga kita persiapkan termasuk yang berada di rest area jalan tol dan pusat kontrol di Pos Cikopo," ujar Kasat Lantas Polres Purwakarta Ajun Komisaris Rizky Adi Saputro di

Menurut Rizky antisipasi dan koordinasi lintas sektoral terus dilakukan Satlantas Polres Purwakarta. Tentunya yang berkaitan dengan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 agar persiapannya berjalan maksimal.

"Pada saatnya nanti, H-10 sampai H+10 lebaran diharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebanyak 106 personil Satlantas Polres Purwakarta akan kita turunkan," katanya.***

Bagikan: