Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian cerah, 30.7 ° C

16 TKA Dideportasi Imigrasi Karawang

Dodo Rihanto

KARAWANG, (PR).- Sebanyak 16 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di wilayah Karawang dan Purwakarta dideportasi Kantor Imigrasi Kelas II Karawang,  Jawa Barat pada tahun 2018 ini. Mereka diketahui melakukan sejumlah pelanggaran seperti  izin tinggal yang telah kedaluwarsa, masuk secara ilegal, menangkap ikan dengan melabrak batas teritorial perairan Indonesia.

Menurut Kepala Seksi (Kasi)  Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian setempat, Endy Agustiawan, 16 TKA yang dideportasi tersebut merupakan hasil penyisiran tim pengawasan orang asing (Tim Pora) di sejumlah kawasan industri wilayah Purwakarta dan Karawang.

"Sesuai Pasal 75 ayat 2 huruf F Undang-Undang nomor 6 tahun 2011, kami melakukan deportasi kepada WNA yang masuk ke Indonesia tidak sesuai aturan. Pada umumnya mereka menjadi tenaga kerja asing di kawasan industri di Karawang dan Purwakarta," kata Endy, Kamis 3 Mei 2018.

Disebutkan, 15 TKA berasal dari sejumlah negara di Asia dan 1 orang dari Eropa.  Rinciannya 5 orang dari Tiongkok, 4 orang dari Malaysia,  2 dari Singapura.  1 orang asal Jepang,  1 orang dari Korea Selatan, 1 asal Filipina, dan 1 TKA asal Jerman. 

"Mereka bukan sebagai pekerja kasar,  tetapi kebanyakan sebagai tenaga ahli, " kata Endy.***

Bagikan: