Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 28 ° C

Ini Tiga Bakal Pasangan Calon dalam Pilbup Kuningan 2018

Nuryaman
Toto Taufikurohman Kosim berpasangan dengan Yosa Octora Santono mendaftar dalam Pilbup Kuningan 2018.*
Toto Taufikurohman Kosim berpasangan dengan Yosa Octora Santono mendaftar dalam Pilbup Kuningan 2018.*

KUNINGAN, (PR).- Ada tiga bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan yang mendaftar dalam Pilbup Kuningan 2018. Mereka adalah Acep Purnama (petahana) - M Ridho Suganda, Dudi Pamuji (anggota DPRD Kuningan) - Udin Kusnaedi (Ketua DPC PKB Kuningan), serta yang terakhir mendaftar Toto Taufikurohman Kosim (Direktur Rumah Sakit Kuningan Medical Centre) berpasangan dengan Yosa Octora Santono (putra anggota DPR RI dari Partai Demokrat Amin Santono dan Yoyoh Rukiyah Amin anggota DPRD Jabar Partai Demokrat).

Mereka yang akan bertarung dalam Pilkada Serentak 2018 ini, mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan dalam tiga hari, 8-10 Januari 2018. Pasangan Toto-Yosa (Sentosa) masuk dalam bursa pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  Kuningan 2018 diusung koalisi empat partai politik dengan total kursi di DPRD Kuningan sebanyak 18 kursi. Terdiri atas PKB (5 kursi), Demokrat (5), PKS (5), dan PPP (3).

Toto dan Yosa datang mendaftar ke KPU Kuningan sekitar pukul 13.00 WIB disertai pucuk pimpinan kepengurusan tingkat kabupaten empat parpol tersebut. Ujang Kosasih (PPP), Toto Hartono (Demokrat), Agus Budiman (PKS), dan Uus Yusuf (PPP), serta ratusan pendukung dari berbagai komponen masyarakat.

Proses pemeriksaan berkas pendafataran pasangan itu, berlansung lancar. Setelah melalui serangkaian pemeriksaan manual dan sistem aplikasi pencalonan di KPU Kuningan. Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati menyatakan, semua syarat pendaftaran pasangan Toto-Yosa, lengkap.

Dengan terdaftarnya pasangan Toto-Yosa, jumlah bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan  untuk Pilkada 2018 terjaring di KPU Kuningan hanya tiga. Dua bakal pasangan calon lainnya telah lebih dulu mendaftar, pasangan Acep Purnama (petahana) - M Ridho Suganda diusung koalisi PDI Perjuangan (10 kursi) dan Nasdem (3 kursi). Sementara pasangan Dudi Pamuji (anggota DPRD Kuningan) - Udin Kusnaedi (Ketua DPC PKB Kuningan) diusung koalisi Partai Golkar (7 kursi), PAN (8 kursi), dan Gerndra (4 kursi).

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kuningan 2018 sudah dipastikan KPU Kuningan tidak diikuti pasangan bakal calon jalur perseorangan. Sementara itu, untuk menentukan lolos tidaknya menjadi pasangan calon peserta Pilbup Kuningan 2018, ketiga pasangan terdaftar itu pun masih harus mengikuti pemeriksaan syarat kesehatan, bersih dari penggunaan narkoba, serta tes psikologi.***

Bagikan: