Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Berawan, 22.4 ° C

Api Membubung di Pantura, Pabrik Plastik Terbakar

Dodo Rihanto
WARGA berkerumun di sekitar pabrik bijih plastik yang terbakar di Jalan Pantura, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Rabu 27 Desember 2017.*
WARGA berkerumun di sekitar pabrik bijih plastik yang terbakar di Jalan Pantura, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Rabu 27 Desember 2017.*

KARAWANG, (PR).- Pabrik pengolahan bijih plastik milik PT Sandikin Karya Mandiri (SKM) di tepi Jalan Pantura, Kecamatan Jatisari, habis terbakar, Rabu 27 Desember 2017. Diduga sementara, kebakaran terjadi akibat adanya hubungan pendek arus listrik (korsleting).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian material akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. "Saat kebakaran terjadi, pabrik sedang tidak produksi. Semua karyawan diliburkan terkait hari Natal," ujar Komandan Regu (Danru) Satuan Polisi Pamong Paraja, Kecamatan Jatisari, Masnim.

Menurut dia, api tiba-tiba muncul dari atap bangunan pabrik tersebut. Warga sekitar yang melihat kobaran api sontak berteriak-teriak minta tolong. "Kami menduga, terjadi korsleting listrik sehingga muncul percikan api yang kemudian menyambar bijih plastik," kata Masnin.

Keterangan serupa disampaikan Kepala Urusan Pemerintahan Desa Mekarsari, Kecamatan Jatisari, Deni Achdiat. Kata dia, api terlihat berkobar sekira pukul 12.00 WIB.

Menurut Deni, saat peristiwa terjadi, pabrik itu sebenarnya dijaga oleh seorang petugas penjaga keamanan bernama Pandi. Namun, saat pabrik terbakar, Pandi tidak ada di tempat. Dia sedang ke luar untuk suatu keperluan.

Sementara itu, Kepala Kepolisioan Sektor Jatisari, Bambang Iswanto menyebutkan, polisi langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran agar api tidak menjalar ke permukiman warga. "Api segera bisa dijinakkan. Hanya saja, bagian atap dan material pabrik sudah telanjur gosong jadi arang," kata Bambang.***

 

Bagikan: