Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 30.1 ° C

Bendera Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter Akan Berkibar di Puncak Gunung Ciremai

Nuryaman
Bendera Merah Putih.*
Bendera Merah Putih.*

KUNINGAN, (PR).- Kelompok Pencinta Alam Kaldera dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjawinangun, Kabupaten Cirebon mengusung bendera merah putih sepanjang 1.000 meter untuk dikibarkan di puncak Gunung Ciremai pada tanggal 17 Agustus 2017. Bendera sepanjang itu dibagi dalam 15 potong, setiap potongnya berukuran  panjang sekitar 70 meter, lebar sekitar 150 sentimeter.

Ke-15 potong bendera tersebut Selasa, 15 Agustus 2017 telah diusung tim pendaki menuju puncak Ciremai melalaui jalur pendakian Linggasana, di Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Setiap potongan bendera itu digendong tim pebawanya tergulung rapi dibungkus plastik dalam ransel.

“Tim inti pembawa dan pengibar bendera 1.000 meter ini ada 100 orang. Terdiri atas 50 orang anggota Kaldera dan 50 orang anggota pencinta alam dari beberapa sekolah lain, juga dari beberapa komunitas pendaki gunung,” kata ketua pelaksana kegiatan tersebut Hamzah Maulana Yusuf, beberapa saat sebelum upacara pelepasan tim tersebut di pelataran parkir pos pendaftaran pendaki Ciremai jalur Linggasana.

Kibar bendera merah putih ukuran cukup spektakuler di puncak gunung berapi tertinggi di Jawa Barat itu kali ini digelar Kaldera untuk yang ketiga kalinya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dua kegiatan serupa sebelumnya, pertama digelar Kaldera tanggal 17 Agustus 2014 dengan bendera sepanjang 300 meter, kedua pada 17 Agustus 2015 dengan bendera sepanjang 500 meter.

Pada dua kali kegiatan sebelumnya itu, bendera dibawa naik dan turun oleh tim melalui jalur pendakian Palutungan, di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. 

“Untuk pengibaran 1000 meter bendera tanggal 17 Agustus  tahun ini, kami pilih melalui jalur Linggasana ini,” ujar Hamzah, seraya menyatakan kibar bendera 1.000 meter tanggal 17 Agustus 2017 telah disepakati kelompok Kaldera sebagai penutup kegiatan Kaldera mengibarkan bendera merah putih panjang di puncak Ciremai.

“Kalau terus menerus setiap tahun di puncak Ciremai, kan mungkin ada jenuhnya juga. Kegiatan kibar bendera merah putih panjang dari Kaldera pada momentum hari ulang tahun kemerdekaan RI, tahun depan dan tahun-tahun berikutnya mungkin akan kami coba di tempat-tempat lainnya. Misalnya di pantai atau secara bergiliran di puncak-puncak gunung lainnya,” kata Hamzah.

Dia menuturkan, bendera sepanjang 1.000 meter itu pada tanggal 17 Agustus 2017 akan dikibarkan di puncak Ciremai selama lebih kurang 10 hingga 15 menit, dimulai sekitar pukul 09.00. Teknis pengibarannya, cukup dipegang langsung tanpa tiang oleh barisan tim pengibar secara berbanjar.

Adapun selisih jarak antar personel menyesuaikan kondisi medan puncak Ciremai.

Bentangan bendera 1.000 meter itu, ujar Hamzah direncanakan mulai dari titik puncak Jalur Linggasana bagian puncak lereng timur Ciremai memanjang ke arah selatan hingga puncak barat daya Ciremai. “Hasil pengukuran kami di puncak Ciremai, bentangan bendera 1.000 meter ini akan berujung sampai melewati puncak jalur pendakian Palutungan dan jalur Apuy, Majalengka,” ujarnya.

Hamzah dan sejumlah anggota  kelompok masyarakat Mitra Pengelola Pendakian Gunung Ciremai jalur Linggasana, di antaranya Yatna dan Navi, meyakini pengibaran bendera itu, pasti akan mendapat lagi bantuan dari para pendaki dari berbagai jalur pendakian lainnya, seperti pada dua kali kegiatan serupa sebelumnya. Terlebih setiap tanggal 17 Agustus pagi hingga siang, puncak gunung berapi berketinggian sekitar 3.078 meter di atas permukaan laut itu, selalu dijubeli ribuan pendaki pemburu momentum perayaan HUT RI di puncak gunung tinggi.***

Bagikan: