Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Cerah berawan, 30 ° C

Nama Maman Imanulhaq Muncul untuk Pilgub Jabar

Muhammad Ashari
MAMAN Imanulhaq dalam peringatan Harlah Fatayat tingkat Jawa Barat di Ponpes Al-Mizan Jatiwangi Majalengka, Senin, 15 Mei 2017.*
MAMAN Imanulhaq dalam peringatan Harlah Fatayat tingkat Jawa Barat di Ponpes Al-Mizan Jatiwangi Majalengka, Senin, 15 Mei 2017.*

MAJALENGKA, (PR).- Ketua Fatayat Jawa Barat -organisasi sayap NU bidang pemberdayaan perempuan dan keluarga- Yayah Fijriyah, menyebut nama kandidat kuat untuk Pilgub Jabar 2018. Ia menyebut Maman Imanulhaq atau Kang Maman sebagai kandidat yang cukup memenuhi kriteria sebagai gubernur Jawa Barat kelak.

Maman yang juga merupakan anggota DPR RI Periode 2014-2019 itu dinilainya cukup aktif menyuarakan pembelaan terhadap hak-hak perempuan. "Jadikan Jabar sebagai provinsi yang ramah perempuan. Itu harus dimulai dengan sosok pemimpin yang menghargai dan menghormati posisi perempuan," kata Yayah dalam siaran pers Peringatan Harlah Fatayat tingkat Jawa Barat di Ponpes Al-Mizan Jatiwangi Majalengka yang diterima PR, Senin 15 Mei 2017.

Fatayat Jawa Barat, katanya, menaruh harapan besar terhadap gubernur Jawa Barat mendatang agar sensitif terhadap isu-isu perempuan. Selain memprioriatskan perempuan dalam kebijakan-kebijakannya, politik anggaran pun harus didesain pro-perempuan.

Menurut dia, kekerasan perempuan di Jabar tergolong tinggi. Hal itu harus ditekan lewat program pencegahan. Kesehatan dan pemberdayaan ekonomi perempuan harus pula dijadikan prioritas gubernur Jawa Barat ke depan.

"Karena itu gubernur mendatang perlu memiliki perspektif pembelaan atau pemihakan terhadap perempuan. Ini penting agar berbagai kebijakan yang dikeluarkan itu betul-betul memperhatikan perempuan," ujarnya.

Manuver Maman Imanulhaq untuk Pilgub Jabar



Mendekati Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, Maman Imanulhaq tercatat telah melakukan sejumlah manuver ke daerah-daerah. Tercatat, sejumlah kalangan di Pangandaran menyatakan dukungannya terhadap Maman, terkait rencananya untuk maju dalam bursa persaingan Pilgub Jabar.

Pengasuh Pondok Pesantren Riyadussalikin, Pangandaran, KH. Luthfi Fauzi menyambut baik menguatnya dukungan terhadap sosok Kang Maman dalam Pilgub Jabar 2018.

"Kalau pemimpinnya dari kalangan sendiri, ke depan pesantren dan madrasah bisa diperhatikan lebih serius dan prioritas", kata Kiai Luthfi.

Maman yang juga anggota DPR RI dari FPKB itu menyatakan kesiapannya maju dalam bursa persaingan Pilgub Jabar. Dia mengaku siap bila diusungkan, baik itu sebagai gubernur atau wakil gubernur. "Saat ini Jabar butuh pemimpin alternatif yang mau melakukan terobosan progresif untuk membawa warga Jabar lebih baik," ucapnya.***

Bagikan: